Psychotrina Elata, Bunga yang Mirip Bibir

By willa widiana, Senin, 9 Oktober 2017 | 07:05 WIB
Psychotrina Elata (willa widiana)

Warnanya merah merona, bentuknya mirip sekali dengan bibir manusia yang diberi pewarna bibir atau lipstik. Tetapi, ia menempel di batang tanaman. Sebenarnya itu benda apa, sih?

Psychotrina Elata

Benda yang mirip bibir berlipstik itu adalah bagian dari bunga Psychotrina elata. Bunga unik ini hidup di tepi hutan di Kolombia, Costa Rica, Panama, dan Ekuador.

Kelopak Bunga

Benda merah merona yang mirip bibir itu adalah kelopak bunga. Saat musim mekar tiba, bagian tengah bibir itu akan dipenuhi oleh bunga kecil berwarna putih. Tak hanya bunga, tanaman ini juga menghasilkan buah kecil berwarna biru.

Burung dan Serangga

Burung dan serangga suka hinggap di tanaman ini, lo. Para burung, hinggap untuk mengambil buah kecil berwarna biru. Kalau para serangga, hinggap untuk mengambil sari nektar yang ada di dalam bunga. Saat mengambil buah dan sari nektar, hewan tersebut telah membantu proses penyerbukan secara tak sengaja.

Terancam Punah

Tempat tinggal tanaman ini banyak yang rusak karena penebangan liar. Akhirnya, jumlah bunga inipun terus berkurang dan kini terancam punah. Penduduk sekitar pun tidak ada yang melestarikannya.

Sayang sekali, ya, Teman-teman. Padahal, Psychotrina elata, si bunga yang mirip bibir ini bisa menjadi maskot flora di suatu negara.

Foto: Creative Commons