Kado untuk Badak Delilah

By Sylvana Toemon, Senin, 9 Oktober 2017 | 07:00 WIB
Badak Delilah (Sylvana Toemon)

Kelahiran Delilah disambut meriah. Kehadirannya di dunia adalah sejarah. Hari ulang tahunnya yang pertama dirayakan dengan gembira. Banyak orang yang ingin memberikan kado untuk Delilah. Siapakah sebenarnya Delilah?

Badak Sumatera

Delilah adalah bayi badak sumatera yang dilahirkan di Suaka Rhino Sumatera pada tanggal 12 Mei 2016 yang lalu. Ketika dilahirkan, Delilah berbobot sekitar 20 kg. Delilah akan tumbuh dewasa dengan bobot 600 sampai 900 kg.  Ia adalah anak dari pasangan badak Andalas dan Ratu. Kelahiran bayi badak betina ini adalah peristiwa penting untuk menyelamatkan badak sumatera yang sekarang semakin langka. Pelestarian badak memang sangat diperlukan untuk keseimbangan lingkungan kita. Delilah diharapkan kelak akan menjadi induk anak-anak badak.

Baca juga: Badak Sumatera, Badak Berambut yang Hampir Punah

Kampanye #KadoUntukDelilah

Saat ini, Delilah sudah berusia setahun lebih. Delilah dan Ratu induknya menjalani kehidupan dalam keheningan hutan tropis. Delilah sering menjelajah hutan bersama induknya. Ia suka makan dedaunan muda di semak-semak. Delilah juga suka bermain di kubangan lumpur yang sejuk. Sementara itu, warganet merayakan ulang tahunnya dengan kampanye #KadoUntukDelilah. Gerakan ini untuk menyebarluaskan informasi tentang Delilah, si badak bersejarah. Selain itu ada pula donasi secara daring untuk mendukung upaya pelestarian badak.

Kesuksesan Kerja Sama Internasional

Badak Andalas, ayah Delilah, adalah badak jantan yang lahir di Kebun Binatang Cincinnati di Amerika Serikat khusus. Badak jantan ini khusus didatangkan ke Indonesia untuk bertemu dengan Ratu, induk Delilah. Tentu saja perlu kerja sama internasional untuk mendatangkan badak ini. Kelahiran Delilah berarti pula kesuksesan kerja sama internasional. Tahukah kamu, nama Delilah diberikan oleh Presiden Joko Widodo, lo.

Apakah kamu juga ingin memberikan kado untuk Delilah?