Apa Bedanya Augmented Reality dan Virtual Reality?

By Cirana Merisa, Jumat, 13 Oktober 2017 | 04:05 WIB
VR adalah teknologi yang menampilkan dunia dan benda yang tidak nyata. (Cirana Merisa)

Teman-teman ada yang tahu apa sih augmented reality itu? Apa ya bedanya dengan virtual reality? Yuk, kita bahas satu-satu.

Augmented Reality

Augmented Reality atau yang biasa disingkat dengan AR adalah suatu teknologi yang menggabungkan benda maya dengan sebuah lingkungan nyata. Benda maya itu bisa dua dimensi dan tiga dimensi. AR ini hanya sekedar menambahkan benda maya di dunia nyata.

Kalau teman-teman pernah bermain Pokemon Go, itu adalah salah satu permainan yang menggunakan teknologi AR. Dalam permainan itu, karakter Pokemon akan muncul di rumah, di sekolah, di mall, di jalan, atau di mana saja tempat teman-teman memainkannya. Karakter Pokemon itulah merupakan benda tidak nyata yang ada di dunia nyata namun hanya bisa dilihat melalui alat atau gadget.

Virtual Reality

Virtual Reality atau VR adalah teknologi canggih yang menampilkan dunia tidak nyata dengan segala benda-benda yang juga tidak nyata. Namun pada teknologi VR ini, teman-teman yang menggunakannya bisa berinteraksi juga dengan lingkungan tidak nyata itu beserta seluruh isinya sehingga bisa terasa lebih nyata.

Perbedaan AR dan VR

Nah, dari penjelasan di atas, teman-teman sudah bisa mengetahui kan perbedaan antara AR dan VR? Yap, benar. Perbedaannya itu terletak pada latar belakang tamilan lingkungan dunianya.

Kalau lingkungan di AR itu merupakan lingkungan di dunia nyata yang sehari-hari kita lewati atau kita tinggal, seperti rumah, sekolah, jalanan, dan lain-lain. Sedangkan lingkungan pada teknologi VR merupakan hasil komputerisasi pembuatnya.