Sejarah Penyebaran Kucing di Dunia

By Iveta Rahmalia, Senin, 9 Oktober 2017 | 10:00 WIB
Kucing sering dibawa para pelaut untuk memburu tikus yang dapat merusak kapal. (Iveta Rahmalia)

Kucing adalah hewan peliharaan paling populer di dunia. Hewan lucu ini diperkirakan sudah dikembangbiakkan di Mesir pada 6.000 tahun yang lalu. Namun, bagaimana, ya, cara kucing terus berkembang biak hingga menyebar di seluruh dunia? Yuk, tengok sejarah penyebaran kucing di dunia.

Dipelihara Para Petani

Menurut sebuah penelitian dari Insititute Jacques Monod di Paris, penyebaran kucing terjadi ketika mulai banyak pertanian di daerah timur Mediterania dan Turki. Ketika itu, masyarakat mulai menyimpan biji-bijian. Biji-bijian itu mengundang para tikus datang dan merugikan petani.

Namun, keberadaan tikus-tikus itu juga mengundang banyak kucing liar yang datang. Para petani zaman itu diperkirakan sudah melihat keuntungan memiliki kucing yang dapat mengusir para tikus. Pada akhirnya, banyak petani yang memelihara kucing untuk menjaga pertaniannya.

Dibawa Pelaut

Ribuan tahun kemudian, penyebaran kucing menjadi lebih luas lagi. Pada abad ke-4 sebelum masehi, para pelaut mulai memelihara kucing di atas kapal untuk mengurangi tikus di kapal itu. Kucing-kucing pun kemudian menyebar ke kota-kota pelabuhan yang disinggahi para pelaut.

Itulah sejarah penyebaran kucing di dunia. Teman-teman memelihara kucing di rumah?