Yuk, Ikut Mewujudkan Sekolah Keren

By Putri Puspita, Selasa, 10 Oktober 2017 | 09:50 WIB
Deklarasi SAPA Indonesia (Putri Puspita)

Hari ini, 10 Oktober 2017, bertempat di Gedung C Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, diadakan pertemuan bertajuk Deklarasa Sapa Indonesia “Melalui Ayah Hebat Wujudkan Sekolah Keren”.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan sekolah dari berbagai provinsi di Indonesia yang tergabung dalam Sahabat Anak Indonesia.

Nah, dalam pertemuan ini dibahasa mengenai berbagai upaya untuk mewujudkan “Sekolah Keren”. Apa saja itu?

Melibatkan Keluarga

Sekolah Keren adalah sekolah yang juga melibatkan orang tua siswa dalam kegiatannya. Ketika ikut dengan kegiatan sekolah, orang tua mengetahui kondisi anak dan kelasnya. Selain itu, orang tua juga bisa menjadi sumber inspirasi dalam kelas profesi.

Nah, bagaimana dengan sekolahmu? Apakah orang tuamu sering terlibat dengan kegiatan sekolah?

Sekolah Aman

Sekolah yang keren tentu saja aman untuk anak-anak. Pertama, aman dari jajanan yang tidak sehat. Jika masih ada jajanan tidak sehat yang beredar, berarti masih belum termasuk sekolah keren. Selain itu, juga tidak ada peredaran narkoba, minuman keras, dan zat berbahaya lainnya.

Sekolah keren juga terbebas dari perundungan atau bullying, kekerasan di sekolah, dan internetnya bebas dari pornografi.

Bagaimana dengan sekolahmu?

Yuk, Lapor!

Kegiatan yang diisi oleh berbagai narasumber keren ini juga mengingatkan pada kita, anak-anak Indonesia, untuk berani melaporkan apabila ada tindakan yang tidak sesuai dengan peraturan, seperti kekerasan, pemalakan, bahkan kalau ada makanan atau minuman yang berbahaya.

Teks dan Foto: Putri Puspita | Bobo.ID