Mengapa Gerbong Khusus Wanita Ada di Ujung Rangkaian Kereta?

By Sylvana Toemon, Selasa, 10 Oktober 2017 | 10:15 WIB
Gerbong khusus wanita di ujung rangkaian kereta (Sylvana Toemon)

Apakah kamu pernah naik kereta rel listrik di Jabodetabek? Rangkaian kereta ini terdiri dari beberapa gerbong. Gerbong khusus wanita selalu berada di ujung rangkaian. Mengapa begitu, ya?

Gerbong Warna Pink

Gerbong khusus wanita disediakan khusus untuk penumpang wanita. Gerbong ini dapat dikenali dengan mudah dari warna pink-nya. Hanya wanita saja yang boleh menjadi penumpang di gerbong ini. Seperti di gerbong lainnya, di dalam gerbong ini juga ada tempat duduk prioritas. Tempat itu dikhususkan untuk untuk penumpang wanita yang sedang hamil, wanita yang membawa anak kecil, sudah lanjut usia, dan yang difabel.

Baca juga: Kursi Prioritas di Angkutan Umum

Penumpang Lebih Mudah Keluar

Gerbong berwarna pink itu ternyata memang sengaja diletakkan di ujung gerbong. Tujuannya supaya penumpangnya dapat lebih mudah keluar dari rangkaian kereta. Gerbong yang berada di ujung juga lebih dekat dengan pintu keluar kebanyakan stasiun. Penumpang dari gerbong ini tidak perlu menempuh jarak yang jauh untuk keluar dari peron.

Dalam setiap rangkaian KRL, biasanya hanya ada 2 gerbong yang dikhususkan untuk wanita. Tentu saja gerbong itu tidak cukup untuk mengangkut seluruh penumpang wanita. Penumpang wanita juga boleh memilih untuk berada di gerbong biasa.