Foto Planet Jupiter Bersama Dua Satelitnya

By Sylvana Toemon, Rabu, 11 Oktober 2017 | 09:10 WIB
Planet Jupiter bersama 2 satelitnya, Io dan Europa (Sylvana Toemon)

Planet Jupiter memiliki lebih dari 50 satelit. Satelit-satelit itu bergerak mengelilingi planet terbesar dalam tata surya kita itu. Pesawat antariksa Juno, mengirimkan foto Planet Jupiter bersama 2 buah satelitnya yang terkenal, Io dan Europa.

Baca juga: Juno, Pesawat Antariksa Pengamat Planet Jupiter

4 Satelit Galelian Planet Jupiter

Io dan Europa adalah 2 di antara 4 satelit yang termasuk satelit Galilean. Nama Galilean karena keempat satelit itu telah ditemukan oleh Galileo Galilei ratusan tahun yang lalu. Tepatnya pada tahun 1610. Selain Io dan Europa, ada Callisto dan Ganymede yang menjadi bagian dari satelit Galilean. Keempat satelit inilah yang dapat dipantau dari Bumi dengan teknologi saat itu.

Baca juga: Fakta Jupiter

Foto Hasil Olahan Data Mentah

Potret Planet Jupiter dan 2 buah satelitnya ini diolah oleh Roman Tkachenko. Data yang dikirimkan dari Juno itu berupa data mentah. Data itu diambil dari pesawat antariksa Juno pada saat melintas di ketinggian sekitar 27.000 km di atas awan panas Planet Jupiter. Saat itu Juno sedang berada di bagian selatan dari planet raksasa itu. Nah, data-data itu dapat dilihat di website resmi Juno. Tim Juno mengundang orang-orang yang memiliki minat pada penyelidikan antariksa untuk ikut serta mengolah data-data itu.

Dalam foto itu terlihat Io berada di sebelah depan, sementara Europa terlihat sedikit lebih jauh ke belakang. Kedua buah satelit itu terlihat setengah penuh, melayang di kegelapan antariksa sekitar Planet Jupiter.