Yuk, Ikut Kampanye Langit Gelap!

By Cirana Merisa, Rabu, 11 Oktober 2017 | 07:46 WIB
Semakin sedikit bintang yang terlihat, semakin tinggi polusi cahaya di daerah itu. (Cirana Merisa)

Apa sih Kampanye Langit Gelap itu? Langit kan memang gelap kalau malam. Hihihi. Daripada bingung, kita bahas saja, yuk.

Apa itu Kampanye Langit Gelap?

Kampanye Langit Gelap atau Globe at Night adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh astronom maupun masyarakat umum untuk mengukur tingkat kegelapan langit di daerah masing-masing dan membagikan hasil pengamatannya ke internet.

Teman-teman bisa mengukur tingkat kegelapan langit dengan terlebih dahulu mematikan lampu rumah sehingga suasana bisa terasa gelap. Kemudian lihat ke langit dan amati berapa banyak bintang yang bisa dilihat. Semakin sedikit bintang yang terlihat, berarti semakin tinggi tingkat polusi cahaya di daerah itu.

Apa Bedanya dengan Earth Hour?

Earth Hour dan Kampanye Langit Gelap sebenarnya memiliki tujuan yang sama, yaitu mematikan lampu untuk menghemat energi. Tapi Kampanye Langit Gelap memiliki satu tujuan lagi, yaitu untuk melihat lebih banyak cahaya bintang.

Earth Hour biasanya dilakukan hanya satu hari dan selama satu jam, sedangkan Kampanye Langit Gelap dilakukan selama berhari-hari setiap malam, bahkan bisa sampai dua minggu, lo.

Alasan Dilakukan Kampanye Langit Gelap?

Kalau teman-teman sulit mengamati bintang di langit malam, itu bukan karena bintangnya terlalu kecil atau terlalu redup. Alasan utamanya adalah polusi cahaya sehingga menghalangi pandangan ke bintang karena.

Polusi cahaya itu berarti banyaknya cahaya di sekitar kita, bisa lampu rumah, lampu jalanan, bahkan lampu mobil atau motor yang membuat kita tidak bisa melihat bintang secara jelas. Nah, dengan Kampanye Langit Malam ini, teman-teman bukan hanya bisa mengamati bintang, tapi juga bisa mengurangi polusi cahaya.

Kapan Dilakukan dan Apa yang Bisa Diamati?

Kampanye Langit Gelap tahun ini diadakan mulai malam ini, 11 Oktober sampai 20 Oktober. Rasi bintang yang bisa diamati di langit utara adalah rasi Cygnus, sedangkan di langit selatan ada rasi Grus.