5 Hewan yang Mirip Daun

By Iveta Rahmalia, Selasa, 7 November 2017 | 09:15 WIB
Siput Laut Elysia Chlorotica. (Iveta Rahmalia)

Jika dilihat sekilas, mereka seperti daun yang tangkal dari pohonnya. Padahal, yang terlihat seperti daun ini adalah hewan, lo! Yuk, tengok 5 hewan yang mirip daun ini!

1. Siput Laut Elysia Chlorotica

Seperti namanya, chlorotica, siput ini menyimpan kloroplas seperti tumbuhan. Elysia Chlorotica yang masih kecil hidup dengan cara memakan ganggang laut selama dua sampai empat minggu. Setelah itu, siput laut unik ini tak perlu lagi makan untuk terus hidup. Rahasianya, ternyata siput laut ini menyimpan kloroplas dari ganggang laut yang dimakannya. Kloropas atau sel hijau itu digunakan siput laut untuk membentuk energi.

2. Tokek Ekor Daun

Tokek yang bernama latin Uroplatus phantasticus ini berasal dari Madagaskar. Biasanya ia mencari mangsa berupa serangga pada malam hari. Uniknya tokek ekor daun tidak memiliki kelopak mata. Jika ada debu atau kotoran menempel di mata, ia akan membersihkannya dengan lidah.

3. Ikan Daun Amerika Selatan

Ikan ini tampak seperti daun kering yang jatuh ke air, ya? Namanya latinnya adalah Monocirrhus polyacanthus. Ikan ini dapat ditemukan di perairan dangkal di Brazil, Peru, Venezuela, Kolombia, dan Bolivia.

4. Naga Laut Daun

Naga laut daun (Phycodurus eques) mempunyai tubuh yang berbentuk seperti daun yang menempel pada sebuah ranting. Sekilas, hewan ini terlihat seperti tanaman laut yang lepas dari terumbu karang. Naga laut rumput, bentuknya seperti kuda laut, hanya saja dia mempunyai sirip dan ekor yang berbentuk seperti rumput laut.

5. Serangga Daun

Serangga daun (Phyllium Giganteum) sudah ada sejak 40 juta tahun yang lalu. Serangga ini aktif di malam hari dan memakan tumbuhan. Karena gerakannya lambat, hewan ini rentan diburu. Untuk mengelabui pemangsa, serangga daun berjalan dengan membolak-balikan badan seperti daun yang tertiup angin.

Baca Juga: Naga Laut, Tak Sebesar yang Dibayangkan