5 Fakta Unik Seputar Jantung Manusia

By Yomi Hanna, Rabu, 11 Oktober 2017 | 08:37 WIB
Fakta unik seputar jantung manusia (Hanna Vivaldi)

Jantung adalah salah satu organ tubuh kita yang paling penting. Organ inilah yang menandakan bahwa manusia masih hidup, yaitu adanya detak jantung. Detak jantung biasanya bisa kita rasakan, apalagi saat sedang cemas atau takut. Tidak hanya itu, di bawah ini ada fakta unik lainnya seputar jantung. Apa saja, ya?

1. Jumlah Detak Jantung

Jantung manusia berdetak sebanyak 100.000 setiap hari. Jantung orang yang masih muda berdetak 70 kali setiap menit saat sedang beristirahat. Namun saat sedang melakukan aktivitas berat, seperti berolahraga, jantung itu berdetak 200 kali setiap menit.

Baca juga : Anak yang Malas Bergerak Berisiko Sakit Jantung

2. Jantung Dapat Berdetak di Luar Tubuh

Ketika terpisah dari tubuh, jantung masih dapat berdetak. Wow! Ini karena jantung memiliki gerakan elektrikal tersendiri. Asalkan jantung memiliki cukup energi dan oksigen, jantung masih dapat terus.

3. Hubungan Golongan Darah dan Penyakit Jantung

Para peneliti mengatakan bahwa golongan darah tertentu memiliki risiko terkena penyakit jantung. Seperti orang yang bergolongan darah AB memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung. Kemudian orang yang bergolongan darah B memiliki risiko kedua lebih tinggi, dan terakhir adalah golongan darah A. Mereka yang memiliki golongan darah O berisiko rendah terkena penyakit jantung. Namun, bukan berarti orang dengan golongan darah seperti yang disebutkan di atas otomatis terkena penyakit jantung, ya.

Baca juga : Anggur Hijau, Buah yang Baik untuk Jantung

4. Detak Jantung Saat Mendengarkan Lagu

Saat mendengarkan lagu, detak jantung manusia bisa berubah-ubah. Berubah sesuai dengan jenis lagu yang kamu dengarkan.

5. Memelihara Kucing Menurunkan Risiko Sakit Jantung

Menurut hasil penelitian, memelihara kucing ternyata bisa menurunkan risiko terkena serangan jantung lebih dari 33 persen.