Puluhan Kucing di Cincin Saturnus

By Cirana Merisa, Sabtu, 14 Oktober 2017 | 08:30 WIB
Sebanyak 60 batuan yang ada di cincin F Saturnus diberi nama-nama kucing. (Cirana Merisa)

Di cincin Saturnus terdapat puluhan kucing. Eitss, tapi bukan kucing sungguhan, kok. Itu hanya batuan yang diambil dari nama kucing. Hihihi.

60 nama kucing

Biasanya benda-benda langit dinamakan dari tokoh-tokoh terkenal, atau nama penemunya, atau bisa juga dewa-dewi dari mitologi Yunani. Tapi baru-baru ini, sebanyak 60 batuan yang ada di cincin F Saturnus diberi nama dari nama-nama kucing, lo. Contohnya saja Garfield, Fluffy, Butterball, Whishkers, dan Socks. Cincin F ini berada di tepian luar.

Awalnya sudah diberi nama

Sebenarnya batuan-batuan yang ada di cincin F itu sudah diberi nama sejak awal ditemukan. Contohnya Alpha Leonis Rev 9, salah satu batuan kecil di cincin F. Tapi menurut para ilmuwan, nama itu susah untuk diingat. Maka akhirnya mereka mengganti namanya menjadi Mittens.

Baca juga: Planet Saturnus dan Cincin Indah yang Mengelilinginya

International Astronomical Union

Menamakan benda-benda langit tidak asal, lo. Ada lembaga yang berhak untuk memberikan dan meresmikan nama benda-benda langit, yaitu International Astronomical Union (IAU). IAU ini merupakan badan resmi astronomi dan sudah diakui secara internasional sebagai pihak yang berwenang atas penamaan bintang, planet, dan benda langit lainnya.