Kenali 3 Musuh Utama Rambut!

By willa widiana, Sabtu, 14 Oktober 2017 | 07:35 WIB
Kenali 3 Musuh Utama Rambut! (willa widiana)

Rambut merupakan bagian tubuh yang bisa memengaruhi penampilan kita. Selain dipangkas dengan rapi, kita juga harus merawat rambut supaya tidak rusak. O iya, ada 3 musuh utama rambut yang harus kamu kenal, nih! Siapa sajakah mereka?

Kutu

Kutu bisa melompat dari kepala orang lain ke kepala kita. Saat berada di kepala kita, kutu akan mengeluarkan liur dan menghisap darah kita. Air liur kutu bisa menyebabkan kulit kepala kita alergi dan gatal. O iya, kutu bisa bertelur dan bertambah banyak, lo. Telur-telur kutu biasanya menempel di batang rambut.

Ketombe

Ketombe adalah kulit mati yang terdorong saat proses pergantian kulit kepala terjadi. Benda putih yang mirip serbuk tepung ini memang bukan benda hidup. Tapi, jika dibiar menumpuk, ia bisa membuat kulit kepala gataaall sekali. O iya, ketombe yang bercampur dengan minyak di kepala bisa membuat rambut lepek dan bau, lo!

Baca juga: Kenapa Kita Bisa Berkutu?

Rontok

Dalam sehari, rambut kita akan rontok sebanyak 40 – 100 helai. Tetapi, jumlah rambut yang rontok bisa semakin banyak jika kita stres, kurang asupan gizi, dan berada di iklim yang lembap. Jika masalah rambut rontok itu tidak segera diatasi, rambut dikepala kamu bisa menipis.

Bagaimana cara  untuk menghadapi 3 musuh utama rambut?

Teman-teman jangan khawatir, 3 musuh utama rambut bisa diatasi dengan cara keramas dan makan makanan bergizi. Tapi ingat, kedua hal itu harus dilakukan secara teratur dan benar!

Ilustrasi: Ode