Desa Kodinhi, Penduduknya Banyak yang Kembar

By Sylvana Toemon, Kamis, 12 Oktober 2017 | 09:10 WIB
Penduduk Desa Kodinhi banyak yang kembar (Sylvana Toemon)

Tidak ada yang istimewa pada saat memasuki desa kecil yang terletak di India ini. Bangunan di Desa Kodinhi  ini biasa saja. Keistimewaannya baru terlihat saat bertemu dengan penduduknya. Penduduknya banyak yang kembar.

Penduduknya Banyak yang Kembar

Desa Kodinhi terletak di Distrik Malappuram, Kerala, di India. Penduduk desa kecil di tepi pantai ini sekitar 2000-an orang. Di antara mereka, ada sekitar 400 orang yang kembar identik. Itu artinya ada 200-an pasang orang yang wajahnya mirip. Pasangan kembar ini terdiri dari berbagai usia. Ada yang sudah lanjut usia, ada pula yang masih bayi. Ada yang perempuan, ada yang laki-laki. Kebanyakan pasangan kembar itu suka mengenakan pakaian bermodel sama dengan rambut yang sama.

Fenomena

Fenomena kembar ini baru terjadi di abad yang lalu. Kembar pertama di desa ini dilahirkan pada tahun 1949. Setelah itu, makin banyak bayi-bayi yang dilahirkan kembar. Anak-anak kembar itu banyak yang lahir di keluarga yang tidak memiliki riwayat kembar pada silsilah keluarganya. Peristiwa ini menarik perhatian karena di India sangat jarang ada anak kembar. Dari hasil penelitian, India adalah salah satu negara yang paling sedikit anak kembarnya di dunia.

Baca juga: Perbedaan Saudara Kembar yang Tinggal di Bumi dan di Antariksa

Penyelidikan Oleh Tim Internasional

Banyak ilmuwan yang penasaran dengan banyaknya kelahiran kembar di desa ini. Tahun 2016 yang lalu, para ilmuwan dari berbagai universitas dan negara membentuk tim gabungan untuk menyelidiki fenomena ini. Tim internasional ini mengumpulkan contoh DNA dari semua orang kembar di desa ini kemudian menganalisisnya. Sampai sekarang mereka masih bekerja dan belum menemukan penyebabnya.