Bukan Karena Gosong, Inilah 4 Fakta Unik Jagung Hitam

By Cirana Merisa, Senin, 16 Oktober 2017 | 05:45 WIB
Dari mulai ditanam hingga dipanen, jagung hitam membutuhkan waktu 2 bulan saja (Cirana Merisa)

Jagung biasanya berwarna kuning, tapi ternyata ada jagung berwarna hitam, lo. Warna hitamnya ini alami, bukan karena terlalu lama dibakar lalu jadi gosong. Hihihi.

Kadar Gula yang Rendah

Rasa jagung hitam itu tawar dan merupakan jagung yang paling tidak manis di seluruh dunia. Hal ini karena kadar gula yang ada di dalam jagung hitam lebih rendah dibandingkan jagung biasa. Maka itu, jagung hitam ini bagus untuk penderita diabetes.

Antioksidan yang Tinggi

Jagung hitam memiliki mengandung antioksidan yang tinggi dan sangat penting bagi tubuh kita. Antioksidan adalah vitamin, nutrisi, atau zat lainnya yang bertugas untuk menjaga dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat polusi, pola makan yang buruk, dan zat-zat kimia berbahaya.

Bisa Cepat Dipanen

Jagung hitam bisa dipanen lebih cepat. Dari mulai ditanam hingga dipanen, jagung hitam sudah siap dipanen dalam waktu 2 bulan saja. Sedangkan jagung biasa membutuhkan waktu sekitar 70 sampai 80 hari baru bisa dipanen.

Sedikit yang Suka

Karena rasanya yang tawar itulah, banyak orang yang tidak suka dengan jagung hitam ini. Padahal jagung hitam itu memiliki banyak manfaat. Jagung hitam juga bisa diolah menjadi makanan yang enak. Di Peru misalnya, jagung hitam bisa dibuat menjadi puding, lo.

Kalau teman-teman ke pasar bersama orangtua dan menemukan jagung hitam, teman-teman bisa membeli dan mencobanya.