Siapa yang Punya Otak Paling Besar dan Paling Kecil?

By willa widiana, Jumat, 13 Oktober 2017 | 05:05 WIB
Siapa yang Punya Otak Paling Besar dan Paling Kecil? (willa widiana)

Kita dilahirkan dengan otak. Tanpa otak, kita akan kesulitan mengatur tubuh. Otak manusia dewasa beratnya sekitar 2,7 kg. Kalau otak hewan, ukurannya berapa, ya? Kira-kira... siapa yang punya otak paling besar dan siapa yang paling kecil?

Paus Kepala Kotak

Paus kepala kotak punya otak yang paling besar di dunia binatang, beratnya mencapai 7 kg. Kalau paus biru otaknya mencapai 5 kg. Padahal, tubuhnya lebih besar dan lebih berat daripada paus kepala kotak, lo.

Gajah

Selanjutnya ada gajah. Mamalia berbelalai panjang dan berkuping lebar ini punya otak seberat 4,7 kg, lebih besar daripada otak manusia. Gajah sering dijuluki sebagai hewan paling pintar, lo, Teman-teman.

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Bisa Mengganggu Otak

Lumba-lumba

Makhluk laut yang lucu ini punya otak yang hampir sama dengan manusia, yakni 2 kg. Namun, ada juga lumba-lumba yang memiliki otak seberat 1,7 kg. O iya, berat otak lumba-lumba bisa dipengaruhi oleh berat tubuhnya, lo!

Walrus

Hewan ini punya dua buah gading di mulutnya, mirip dengan gajah. Hewan yang memiliki banyak lemak ini punya otak seberat 1,1 kg. Di beberapa film animasi, walrus sering digambarkan sebagai hewan yang pintar, lo!

Baca juga: 5 Cara untuk Melatih Otak

Primata

Gorila punya otak seberat 430 gram. Kalau otak simpanse beratnya sekitar 350 gram. O iya, otak terkecil di kalangan primata jatuh kepada tikus lemur dari Madagaskar, beratnya hanya 2 gram.

Nah, Teman-teman, itulah beberapa hewan dengan otak paling bedar dan otak paling kecil.

Ilustrasi: Ode