Ocean Dome Seagaia, Pantai di Dalam Ruangan

By Aan Madrus, Kamis, 12 Oktober 2017 | 10:52 WIB
Pantai dalam ruangan (Aan Madrus)

Ada pantai yang langitnya selalu berwarna biru cerah. Udaranya tidak terlalu panas, juga tidak terlalu dingin. Pantainya bersih. Air lautnya tidak bergaram, sehingga setelah berenang, badan kita tidak terasa lengket. Ombaknya, pas banget untuk berselancar. Wow, itu pantai impian banget.

Pantai itu ada di Sheraton Seagaia Resort, yang terletak di kota Miyazaki, Jepang. Ocean Dome Seagaia namanya. Pantai ini ada di dalam ruangan. Pantai ini sebenarnya sebuah kolam renang yang besar. Panjangnya 300 meter dengan lebar 100 meter. Kolam renang itu dibentuk seperti pantai dengan hamparan pasir di salah satu sisinya. Pasirnya terbuat dari batu quarsa yang dihancurkan.  

Atapnya bisa dibuka dan ditutup dengan cara digeser. Bila udara cerah, atap dibuka. Bila cuaca kurang bagus, atap ditutup. Di sini, suhu udara dan suhu air dikontrol secara teratur. Di sini kedalaman “laut” dibagi-bagi. Ada yang dalam untuk orang dewasa. Ada pula yang dangkal untuk anak-anak.

Di Ocean Dome Seagaia ada “gunung berapi”. Setiap 15 menit gunung berapi itu meletus menyemburkan pasir. Setiap jam mesin pembuat ombak dihidupkan dan pengunjung pun bersiap-siap untuk berselancar.

Pantai buatan yang dibuka pada tahun 1993 ini bisa menampung 10.000 pengunjung.

Foto: Creative Commons