Skandinavia, Negeri Utara

By Sylvana Toemon, Jumat, 13 Oktober 2017 | 05:45 WIB
Semenanjung Skandinavia di ujungutara Benua Eropa (Sylvana Toemon)

Apa yang terpikirkan olehmu saat mendengar kata Skandinavia? Sebuah negara? Sebuah kota? Atau daerah yang dingin membeku? Di mana sebenarnya letak Skandinavia?

Ujung Utara Benua Eropa

Skandinavia mengacu pada Semenanjung Skandinavia yang terletak di ujung utara Benua Eropa. Ada beberapa negara yang terletak di semenanjung ini, yaitu Swedia, Norwegia, dan Denmark. Ada yang menganggap Finlandia juga bagian dari Skandinavia, karena sebagian wilayah utaranya berada di semenanjung ini. Islandia yang ada di seberang lautan juga sering disebut bagian Skandinavia. Negara-negara di utara ini juga dikenal sebagai Nordik, berakar dari kata north yang berarti utara.

Baca juga: Mitologi Nordik

Rumpun Bahasa yang Sama

Negara-negara di Skandinavia menggunakan bahasa yang hampir sama. Bahasa yang mereka gunakan berasal dari rumpun bahasa Jerman. Dalam perkembangannya, bahasa di masing-masing negara menjadi sedikit berbeda. Namun, orang-orang Skandinavia umumnya dapat mengerti bahasa dari negara lainnya. Kira-kira mirip bahasa yang digunakan di Indonesia dan Malaysia. Walaupun berbeda, umumnya orang Indonesia dapat memahami apa yang disampaikan oleh orang Malaysia.

Viking

Beberapa abad yang lalu, orang-orang Skandinavia dikenal juga sebagai orang Viking. Sekitar tahun 700-an Masehi, orang Viking dari utara sangat disegani di daratan Eropa. Mereka adalah petarung yang hebat. Ciri khas mereka memakai helm besi yang bertanduk. Orang Viking datang dari tempat asalnya di utara dengan menggunakan kapal panjang. Kapal itu termasuk canggih pada masanya. Orang Viking ini percaya pada dewa-dewa dalam mitologi Nordik.

Saat ini orang-orang di Skandinavia tidak lagi suka bertarung seperti orang Viking. Negara-negara di Skandinavia bahkan termasuk negara-negara paling damai di dunia.