Jonathan, Kura-Kura Tertua di Dunia

By Sylvana Toemon, Sabtu, 14 Oktober 2017 | 09:10 WIB
Jonathan, kura-kura penghuni Pulau St Helena (Sylvana Toemon)

Kura-kura yang berjalan pelan dan berumur panjang sudah lama diketahui oleh banyak orang. Kamu pasti juga pernah dengar, kan? Apakah kamu tahu usia kura-kura tertua di dunia?

Jonathan dari Santa Helena

Kura-kura yang tercatat paling tua di dunia adalah seekor kura-kura jantan bernama Jonathan. Usianya diperkirakan lebih dari 180 tahun. Kura-kura ini menghuni sebuah pulau bernama Santa Helena yang terletak di sebelah selatan Samudra Atlantik. Jonathan adalah kura-kura berukuran besar. Cangkang besarnya itu bahkan bisa ditunggangi oleh orang dewasa. Setelah ratusan tahun hidup berdekatan dengan manusia, Jonathan sudah menjadi teman bagi banyak penghuni Pulau Santa Helena selama beberapa generasi.

Baca juga: Perbedaan Kura-kura, Penyu, dan Bulus

Lebih dari Seabad

Pada tahun 1902, ada seorang yang memotret Jonathan. Di foto itu, Jonathan sudah sama besarnya seperti sekarang. Ketika dibawa ke Pulau Santa Helena pada tahun 1882, Jonathan sudah menjadi kura-kura dewasa dengan usia sekitar 50 tahun. Diperkirakan, Jonathan menetas dari telur pada tahun 1832. Namun, tetap tidak ada yang tahu kapan tepatnya Jonathan pertama kali melihat dunia ini. Yang jelas usianya sudah lebih dari seabad.

Baca juga: Pulau Aldabra yang Penuh Dengan Kura-kura Raksasa

Tidak Sesigap Dulu

Jonathan saat ini tidak lagi sigap seperti dulu. Diperkirakan penglihatan Jonathan sudah tidak jernih lagi. Di matanya terlihat selaput keruh seperti katarak. Untuk mencari makan, Jonathan perlu dibantu. Pengunjung yang datang untuk bertemu Jonathan pun dibatasi supaya kura-kura tua ini dapat beristirahat.

Jonathan menjadi teman bagi anak-anak kecil dari awal tahun 1900-an sampai sekarang. Anak kecil teman bermain Jonathan pada tahun 1902 mungkin saat ini sudah tua atau tidak lagi hidup di dunia.