Vienna Vegetable Orhestra dan Alat Musik dari Sayuran

By Aan Madrus, Senin, 16 Oktober 2017 | 04:31 WIB
Vienna Vegetable Orchestra (Aan Madrus)

Sebuah kelompok musik dari Wina, Austria benar-benar unik. Mereka menggunakan sayuran sebagai alat musiknya. Nama kelompok itu Vienna Vegetable Orhestra (kelompok musik sayuran dari Wina).

Vienna Vegetable Orhestra membuat alat musik satu jam sebelum konser dimulai. Mereka menggunakan lobak, wortel, dan mentimun untuk seruling. Mereka jadikan labu kuning yang besar dan berkulit keras untuk bas drum. Mereka mengisi botol dengan biji-bijian untuk alat musik maracas. Mereka juga membuat biola dari batang daun bawang, dan masih banyak lagi. Agar suaranya bisa terdengar lebih jelas, diperlukan mikrofon khusus.

Alat musik ini ramah lingkungkan. Selain tidak menggunakan unsur plastik yang susah diurai, alat musik sayur ini juga tidak memerlukan energi listrik untuk dimainkan.

Memang bunyi yang dihasilkan alat musik sayur itu tidak sama persis dengan alat musik sesungguhnya. Ada yang mirip, ada juga alat musik yang menghasilkan suara seperti suara binatang, suara menjerit, suara mencicit, atau suara klak-klik saja. Namun, kalau sudah digabung, paduan suara-suara itu bisa menghasilkan alunan musik yang merdu.

Vienna Vegetable Orchestra didirikan pada tahun 1998. Di Austria, kelompok musik itu disebut Das erste Wienner Gemueseorchester. Sampai sekarang, kelompok musik ini masih terus berkarya. Selain konser di negerinya sendiri, mereka pernah mengadakan konser di beberapa negara seperti Belanda, Belgia, Swedia, dan Inggris. Mereka juga sudah mengeluarkan beberapa album musik.

Foto: Creative Commons