Rute Penerbangan Komersil Terpendek di Dunia

By Aan Madrus, Senin, 16 Oktober 2017 | 07:01 WIB
Jalur Penerbangan yang sangat pendek (Aan Madrus)

Rute penerbangan komersil terpendek di dunia adalah penerbangan yang menghubungkan P. Westray dengan P. Papa Westray dan sebaliknya. Kedua pulau itu ada di kepulauan Orkney, di sebelah utara Skotlandia. Jaraknya hanya 1,7 mil atau 2,7 km. 

Jarak itu sangat pendek,bahkan lebih pendek dari runway (jalur pacu) bandara Edinburgh, bandara internasional di ibukota Skotlandia. Dan begitu pendeknya jarak itu, sampai-sampai, bandara tujuan pun bisa terlihat.

Perjalanan itu rata-rata ditempuh 2 menit. Kalau cuaca sedang bagus dan hembusan angin mendukung, penerbangan bisa ditempuh dalam waktu 1 menit, 47 detik.

P. Papa Westray adalah pulau kecil yang hanya dihuni oleh 90 warga, tetapi di sana ada 60 situs arkelogi. Penumpang yang terbang dari dan ke sana, selain penduduk juga petugas pelayanan pendidikan, petugas pelayanan kesehatan, dan wisatawan.

Pesawat yang beroperasi di sana milik Loganair. Kapasitas penumpangnya hanya 8 orang. Pesawat itu terbang setiap hari, kecuali hari Sabtu. Perusahaan penerbangan yang mendapat izin melayani rute tersebut sejak tahun 1967, hanya boleh menerbangkan pesawat di siang hari. Katanya, meskipun jaraknya pendek, tiket pesawat ini cukup mahal. Seberapa mahal, ya?

Foto: Creative Commons