Inilah Makanan dan Minuman Kesukaan Suku Aztec

By willa widiana, Senin, 16 Oktober 2017 | 08:40 WIB
Jagung, makanan suku Aztec (willa widiana)

Aztec merupakan salah satu suku yang hidup di Amerika Tengah. Kini, wilayah suku Aztec dikenal sebagai Meksiko. Bicara soal suku Aztec, teman-teman sudah tahu belum kalau mereka punya makanan dan minuman kesukaan? Kira-kira, apa makanan dan minuman kesukaan suku aztec?

Jagung

Jagung adalah makanan pokok bagi suku Aztec. Jagung dimakan dalam berbagai masakan, kadang dibuat manjadi tortilla, kadang dijadikan atolli (bubur tebal), kadang dimasak dengan daging atau cabai. Pokoknya, makanan akan terasa kurang jika dimakan tanpa jagung.

Baca juga: Makanan Pokok di Negara Lain

Selain digemari, jagung juga sangat dihormati. Sebelum memasukkan jagung ke dalam panci masak, perempuan di suku Aztec akan meniup jagung tersebut terlebih dahulu. Lalu, jika ada butiran jagung yang jatuh ke tanah, mereka akan segera mengambilnya.

Jika mendengar jagung, kita pasti membayangkan sebatang tanaman yang dipenuhi biji berwarna kuning keoranyean. Jagung yang ditanam oleh suku Aztec punya warna yang beragam. Ada yang berwarna kuning, merah, putih, bahkan warna biru pun ada. Keren, ya!

Xocolatl

Xocolatl adalah air panas yang dicampur dengan biji kakao, madu, vanili, dan beberapa bahan tambahan. Minuman berbusa yang punya rasa yang pahit ini merupakan minuman bagi para bangsawan dan pejuang. Kenapa minuman ini jadi minuman bangsawan?

Baca juga: Coklat, Berharga Bagi Suku Aztec

Untuk mendapatkan biji kakao, suku Aztec harus mendapatkannya dari luar kerajaan. Karena susah untuk didapatkan, biji kakao pun bisa digunakan sebagai alat untuk membeli barang dan ternak. Mirip dengan uang. Karena alasan itulah, minuman yang terbuat dari biji kakao dijadikan minuman para bangsawan. O iya, kata coklat berasal dari xocolatl, lo!

Sumber: brainPOP, Foto: Creative Commons, pixabay.com