Setiap 2000 Tahun, Batu Antariksa Sebesar Paus Biru Menabrak Atmosfer Bumi

By Iveta Rahmalia, Senin, 16 Oktober 2017 | 08:44 WIB
Ilustrasi Asteroid, Foto: Pixabay (Iveta Rahmalia)

Di sekeliling Bumi, terdapat debu dan batuan antariksa yang ukurannya bermacam-macam. Ada yang ukurannya hanya sebesar pasir, ada juga yang beratnya sama seperti berat 14 ekor gajah! Bahkan, setiap 2000 tahun, batu antariksa sebesar paus biru menabrak atmosfer Bumi. Amankah Bumi kita?

Melindungi Bumi

Teman-teman tidak perlu khawatir. Para ahli astronomi sudah merancang berbagai cara untuk melindungi Bumi dari ancaman debu dan batuan antariksa ini. Mulai dari menghancurkannya dengan senjata nuklir, sampai menabraknya dengan wahana antariksa agar jauh dari Bumi.

Para ahli astronomi saat ini terus mencari dan meneliti batuan antariksa yang mungkin akan menabrak Bumi. Sampai sekarang, ada 15.000 batuan yang telah ditemukan. 15.000 batuan itu diberi nama Near Earth Object (NEO).

NEO ini adalah asteroid dan komet yang orbitnya tak jauh dari Bumi. Mereka dapat sewaktu-waktu menabrak Bumi. Dari 15.000 batuan itu, kemungkinan tabrakan dengan Bumi dalam 40 tahun yang akan datang, sangatlah kecil. Namun, para ahli terus mengawasinya untuk melindungi Bumi.

Sumber: Langitselatan.com