Apakah Fungsi Madu Bagi Lebah?

By Yomi Hanna, Selasa, 17 Oktober 2017 | 03:05 WIB
Lebah juga punya kebiasaan unik, lo, Teman-teman. (Hanna Vivaldi)

Lebah dikenal sebagai hewan penghasil madu. Namun tidak semua lebah menghasilkan jenis madu yang sama. Madu yang terasa manis dan biasa dikonsumsi manusia itu berasal dari lebah madu. Sedangkan lebah jenis lain menghasilkan cairan serupa madu yang tidak terasa manis. Sebenarnya, untuk apakah lebah ini menghasilkan madu?

Madu Merupakan Cadangan Makanan

Madu yang dihasilkan lebah berasal dari nektar berbagai jenis bunga yang tidak selalu mekar sepanjang waktu setiap tahunnya. Seperti bunga yang tumbuh di negara-negara dengan empat musim. Pada musim dingin, lebah pekerja tidak dapat berburu makanan. Nah, karena itulah lebah menyiapkan persediaan madu yang banyak, yang merupakan cadangan makanan bagi mereka.

Madu juga awet jika disimpan untuk waktu yang lama. Karena madu memiliki komposisi yang tidak memungkinkan jamur atau bakteri untuk berkembang biak.

Apakah Manusia Boleh Mengambil Madu?

Lalu apakah lebah akan kehabisan cadangan makanan jika manusia mengambilnya? Para petani madu biasanya tahu seberapa banyak madu yang bisa dipanen oleh mereka. Jadi, madu yang dihasilkan lebah tidak diambil semua. Kawanan lebah tetap memiliki persediaan makanan saat musim dingin tiba.