Bua Loy, Teratai Mengapung yang Jadi Makanan Penutup dari Bangkok

By Putri Puspita, Selasa, 17 Oktober 2017 | 05:05 WIB
Bua Loy, kuliner tradisional yang jadi makanan penutup (Putri Puspita)

Jika berkunjung ke Bangkok, Thailand, ada satu makanan penutup yang akan selalu diingat. Namanya Bua Loy, sebuah makanan penutup yang unik dan bercita rasa khas.

Teratai Mengapung

Bua Loy memiliki arti teratai mengapung. Jangan salah sangka, walaupun namanya berarti “teratai mengapung”, makanan ini tidak terbuat dari teratai, melainkan dibuat dari labu, talas kukus, dan bahan lainnya yang dibuat berbentuk bola-bola kecil dan direbus.

Mungkin namanya menjadi “teratai mengapung” karena bola-bola kecil berwarna-warni itu nantinya akan mengapung setelah direbus dalam air, jadi terlihat seperti teratai berwarna-warni di kolam.

Hangat dan Lezat

Bua Loy disajikan bersama santan hangat.  Bola-bola kecil dalam Bua Loy memiliki tekstur halus dan lembut sehingga sangat mudah dan enak dimakan. Selain itu, terkadang Bua Loy juga ditambahkan dengan telur rebus setengah matang, sehingga menambah cita rasa makanan penutup ini. Nantinya Bua Loy akan disajikan dalam mangkuk kecil dan dimakan hangat-hangat.

Bua Loy menjadi makanan yang disukai semua kalangan di Thailand karena cita rasanya yang begitu lezat. Harganya pun tidak terlalu mahal dan bisa kalian temui di beberapa pedagang kaki lima maupun restoran di Thailand.

Teks dan Foto: Putri Puspita | Bobo.ID