Fakta Unik Kuliner dari Daging Bebek

By Putri Puspita, Selasa, 17 Oktober 2017 | 04:55 WIB
Olahan daging bebek yang lezat (Putri Puspita)

Apakah kamu suka makan bebek? Berbagai olahan daging bebek ada di Indonesia, seperti bebek goreng, bebek betutu, bebek panggang, gulai bebek, ataupun bebek bakar. Rasanya yang gurih membuat banyak orang suka.

Berikut adalah fakta unik seputar daging bebek yang perlu kamu tahu.

Dimulai dari Tiongkok

Ternyata, olahan daging bebek pertama kali dibuat pada tahun ke-4 Masehi, tepatnya masa Dinasti Utara dan Tiongkok Selatan. Awalnya daging bebek diolah secara sederhana, tetapi lambat laun olahannya semakin bervariasi. Pada masa Dinasti Yuan, olahan bebek pun sudah bermacam-macam.

Terkenal di Dunia

Olahan daging bebek bisa ditemui di hampir seluruh bagian di dunia. Masing-masing tempat memiliki cita rasa sendiri. Jika di Eropa, bebek lebih sering dipanggang, sedangkan di Indonesia, menu bebek yang paling disukai adalah bebek goreng.

Sampai saat ini, bebek paling populer di Tiongkok. Bahkan, di beberapa kawasan setiap rumah memiliki kolam sendiri untuk memelihara unggas ini. Bebek yang dianggap paling enak di dunia pun berasal dari Tiongkok, yaitu Bebek Peking.

Membedakan Bebek dan Ayam

Daging bebek dan ayam mirip ketika sudah diolah. Jika lebih teliti, ciri khas daging bebek berwarna lebih gelap daripada ayam. Selain itu, bebek juga memiliki tekstur yang lebih tebal dan lembut.

Walupun terlihat lebih berlemak, ternyata kandungan kolesterol daging bebek sama dengan daging ayam, tetapi kandungan lemak jenuh daging bebek lebih tinggi. Pada daging ayam, kandungan kolesterol tertinggi ada pada kulitnya, sedangkan pada bebek, ada pada dagingnya.

Kelebihan daging bebek adalah memiliki kandungan lemak Omega 3 yang menyehatkan, Vitamin B3 (Niacin), Selenium, zat besi, dan mineral lainnya dengan angka lebih baik dibanding daging unggas lainnya.

Teks dan Foto: Putri Puspita | Bobo.ID