Tanda-tanda Hewan Peliharaan Mengalami Stres

By Cirana Merisa, Selasa, 17 Oktober 2017 | 06:26 WIB
Sama seperti kucing, jika sedang stres, biasanya anjing akan lebih agresif. (Cirana Merisa)

Teman-teman punya hewan peliharaan? Ternyata hewan peliharaan juga bisa stres, lo. Tapi bagaimana cara kita mengetahuinya, ya?

Stres pada Kucing

Kadang-kadang, kucing lebih suka main sendiri daripada dimanja oleh pemiliknya. Namun, jika pemiliknya punya hewan peliharaan lain, kucing bisa jadi stres. Tanda-tanda kucing kesayanganmu stres itu biasanya dia akan lebih agresif kepada hewan lain itu atau bahkan bisa ke pemiliknya sendiri.

Selain itu, ada juga kucing yang malah bersembunyi saat stres. Nah, kalau sudah bersembunyi, biasaya kucing juga tidak mau makan walaupun sudah waktunya makan atau sudah disediakan makanan. Kalau kucing kesayanganmu menununjukkan tanda-tanda seperti ini, bisa jadi dia stres.

Baca Juga: Tips Agar Hewan Peliharaan Tidak Stres

Stres pada Anjing

Anjing adalah hewan peliharaan yang setia pada pemiliknya. Jika anjing harus berpisah dengan pemiliknya, pasti anjing itu akan stres. Stres pada anjing juga bisa disebabkan oleh suara di lingkungan sekitar yang terlalu berisik sehingga anjing merasa terganggu.

Sama seperti kucing, jika sedang stres, biasanya anjing akan lebih agresif, baik kepada hewan lain maupun kepada pemiliknya. Anjing akan menggongong  terus bahkan dia bisa menggigit perabotan rumah, seperti meja, kursi, lemari, dan lain-lain. Anjing juga akan terserang penyakit seperti muntah atau diare.

Nah, itulah tanda-tanda hewan kesayanganmu sedang stres. Ada yang agresif tapi ada juga yang jadi lebih pendiam. Intinya, jika hewan sudah melakukan hal-hal yang tidak seperti biasanya, maka bisa jadi mereka stres. Kalau sudah begitu, kita harus lebih sering menemani dan bermain dengan hewan kesayangan kita, ya!