Benarkah Kita Bisa Sakit Karena Kehujanan?

By Cirana Merisa, Sabtu, 21 Oktober 2017 | 08:05 WIB
Jika daya tahan tubuh baik, kita tidak akan terserang virus walaupun kehujanan. (Cirana Merisa)

Saat hujan, pasti teman-teman dilarang main di luar rumah. Orangtua selalu mengatakan kalau kehujanan nanti bisa sakit. Namun, benarkah kita sakit kalau kehujanan?

Daya Tahan Tubuh

Saat kedinginan, tubuh akan dipaksa untuk mengeluarkan energi yang banyak karena perubahan suhu tubuh. Tubuh yang tadinya tubuh hangat menjadi dingin karena kehujanan.

Jika daya tahan tubuh lemah, tubuh tidak dapat mengimbangi perubahan suhu sehingga kesehatan bisa terganggu. Namun, jika daya tahan tubuh kita baik, maka kita tidak akan terserang virus penyakit walaupun kehujanan.

Baca juga: Tingkatkan Kekebalan Tubuh di Musim Hujan

Suhu Tubuh yang Rendah

Ketika kita kehujanan, tubuh kita akan kedinginan, apalagi jika baju yang dipakai basah terkena air hujan. Hal itu berarti suhu tubuh kita menurun. Turunnya suhu tubuh juga bisa mengakibatkan turunnya sistem imun sehingga kemungkinan terserang virus penyakit bisa lebih besar.

Berdekatan dengan Orang yang Sakit

Saat hujan, teman-teman pasti akan mencari tempat berteduh. Kalau hujannya sangat deras, tempat-tempat berteduh pasti akan ramai oleh orang-orang yang juga tidak ingin kehujanan.

Jika teman-teman berada di sebelah orang yang sedang flu, lalu orang itu bersin atau batuk, udara yang dihirup pasti akan mengandung virus penyakit dan bisa menular ke tubuh kita dengan cepat.

Sebenarnya bukan kehujanan yang membuat kita sakit, tapi daya tahan tubuh kita itulah yang menentukan kita bisa terserang virus atau tidak.