Manfaat Tubuh Besar Gajah bagi Alam

By Cirana Merisa, Sabtu, 21 Oktober 2017 | 04:05 WIB
Gajah rata-rata bisa makan makanan sampai 300 kilogram per hari (Cirana Merisa)

Kalau ditanya hewan apa yang memiliki tubuh yang besar, jawabannya pasti gajah. Ya, gajah memang identik dengan badan yang besar. Tapi manfaatnya apa, ya?

Makan yang Banyak

Gajah rata-rata bisa makan makanan sampai 300 kilogram per hari, lo. Wah, banyak sekali, ya. Pantas saja tubuhnya sangat besar. Nah, kemampuan gajah untuk mengonsumsi banyak makanan ini berguna bagi kehidupan di hutan. Jika pohon-pohon di hutan tidak ada yang memakan, pohon akan tumbuh sangat banyak sehingga akan mengganggu kehidupan hewan hutan yang lain.

Membuat Jalan

Karena tubuhnya yang besar, gajah juga memerlukan jalan yang lebar jika ingin lewat. Saat gajah “membelah” hutan, gajah juga membuat jalan baru sehingga hewan lain bisa menggunakan jalan baru itu untuk memudahkan mereka dalam mencari makanan.

Baca juga: Fakta Seputar Gajah

Pupuk Alami

Kotoran gajah ternyata bisa menjadi pupuk alami, lo. Dalam sehari, gajah bisa mengeluarkan kotoran hingga 18 kali. Nah, kotoran dalam jumlah yang besar ini bisa menyuburkan pepohonan di hutan.

Gajah juga berperan dalam menyebarkan jenis tanaman. Gajah memakan biji-bijian yang kemudian dibuang dalam bentuk kotoran ke berbagai tempat. Biji-bijian yang sudah diolah di pencernaan gajah akan tercampur dengan kotoran dan secara tidak langsung akan disuburkan oleh pupuk alami itu sehingga bisa cepat tumbuh.

Ternyata tubuh besar gajah ada manfaatnya bagi alam, ya. Nah, kalau tubuh teman-teman besar juga tidak usah minder, pasti ada manfaatnya juga, kok. Hihihi.