Vaksinasi dan Imunisasi

By Sylvana Toemon, Jumat, 20 Oktober 2017 | 01:00 WIB
Vaksinasi dan imunisasi (Sylvana Toemon)

Tubuh kita menjadi kebal dari penyakit setelah mendapatkan vaksinasi. Demikian juga saat mendapatkan imunisasi. Apakah ada perbedaan antara vaksinasi dan imunisasi? Yuk, kita cari tahu bedanya.

Vaksin berguna untuk mencegah penyakit dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vaksin berasal dari virus atau bakteri yang telah dilemahkan. Vaksinasi adalah proses pemberian vaksin, biasanya dengan cara menyuntikkan vaksin. Kata vaksin berasal dari bahasa latin vaccinia yang artinya cacar sapi. Vaccinia berasal dari kata dasar vacca yang artinya sapi. Dalam perkembangan dunia medis, makin banyak pencegah penyakit ditemukan. Hasil penemuan itu tetap disebut vaksin walaupun tidak ada hubungannya dengan sapi.

Imun artinya kekebalan tubuh. Imunisasi berarti membuat tubuh menjadi kebal. Salah satu caranya adalah dengan vaksinasi. Pemerintah kita menetapkan beberapa jenis imunisasi wajib. Selain vaksinasi, imunisasi dapat dilakukan dengan memberikan serum. Bayi yang minum ASI juga membuat tubuhnya menjadi imun.

Itu artinya vaksinasi adalah bagian dari imunisasi, sedangkan imunisasi belum tentu vaksinasi.