Turbin Mirip Bunga di Pantai Jepang

By Sylvana Toemon, Rabu, 18 Oktober 2017 | 09:30 WIB
Turbin mirip bunga (Sylvana Toemon)

Di beberapa pantai di Jepang, tetrapod digunakan untuk memecah gelombang. Selain untuk memecah gelombang, tetrapod ini juga menghasilkan tenaga dari gelombang yang menerpanya. Bentuknya turbin yang mirip bunga.

Baca juga: Sumber Energi Terbarukan di Sekitar Kita

Melindungi Garis Pantai Sekaligus Menghasilkan Energi

Peneliti dari Institut Sains dan Teknologi Okinawa mengembangkan teknologi yang dapat membantu melindungi garis pantai sekaligus menghasilkan energi. Professor Tsumoru Shintake dan teman-temannya melakukan percobaan mereka di pantai bagian selatan Jepang. Daerah pesisir pantai ini memiliki gelombang laut yang besar.

Baca juga: 8 Bentuk Energi

Turbin Mirip Bunga

Alat yang digunakan untuk mengumpulkan energi itu bentuknya turbin. Uniknya, turbin ini bentuknya seperti bunga. Baling-balingnya yang terlihat seperti kelopak bunga itu dibuat dari bahan yang kuat namun fleksibel. Baling-baling itu tidak akan patah walau diterjang gelombang laut yang kuat.

Baca juga: Tetrapod, Beton Pemecah Gelombang

Melekat Pada Tetrapod

Turbin ini melekat pada tetrapod di bawahnya. Tetrapod yang dilengkapi turbin mirip bunga ini memiliki beberapa fungsi sekaligus. Selain melindungi garis pantai dari abrasi, turbin ini dapat menghasilkan listrik. Listrik yang dihasilkan dari gelombang laut ini termasuk energi terbarukan yang tidak mencemari lingkungan. Turbin berbrentuk bunga ini juga menjadi pemandangan menarik bagi yang berkunjung ke pantai.