Bolehkah Menelpon Sambil Mengisi Daya Baterai Ponsel?

By willa widiana, Jumat, 20 Oktober 2017 | 03:45 WIB
Bolehkan Menelpon Sambil Nge-charge? (willa widiana)

Ada beberapa orang yang tidak bisa lepas dari ponselnya. Orang yang seperti itu biasanya akan terus menggunakan ponsel, meski ponselnya sedang diisi daya baterainya. Sebenarnya, menelpon sambil mengisi daya baterai itu boleh atau tidak, sih?

Jawabannya tidak! Ada empat alasan kenapa kamu tidak boleh menelpon sambil mengisi daya baterai ponsel.

Panas

Saat sedang diisi daya baterainya atau di-charge, baterai ponsel akan menerima daya listrik. Jika ponsel yang sedang di-charge digunakan untuk menelpon, baterai akan bekerja dua kali. Pertama menerima daya listrik, kedua mengeluarkan daya listrik. Hal itu akan membuat ponsel panas. Keadaan ponsel yang panas tidak baik untuk telinga kita, lo!

Baca Juga: Tips Menghemat Baterai Ponsel

Kembung

Menggunakan ponsel yang sedang di-charge akan membuat baterai menjadi kembung. Baterai kembung biasanya lebih cepat rusak dan dikhawatirkan lebih mudah terluka atau meledak. Hal itu sangat berbahaya bagi kuping kita tentunya.

Menurun

Baterai ponsel baru bisa tahan 10 jam tanpa di-charge. Kemampuannya akan menurun menjadi 8 jam setelah satu tahun digunakan. Menggunakan ponsel saat sedang di-charge, akan membuat kemampuan baterai menurun dengan cepat.

Baca juga: Ponsel Tanpa Baterai?

Lama

Beberapa perusahaan pembuat ponsel memberitahu pelanggannya, bahwa menggunakan ponsel saat sedang di-charge tidak masalah. Hal itu hanya membuat proses pengisian baterai lebih lama saja. Meski begitu, kita tetap harus hati-hati, karena ponsel kita sedang terhubung dengan sumber listrik.

Itulah empat alasan kenapa kita tidak boleh menelpon sambil mengisi daya baterai ponsel! Mulai sekarang, lebih hati-hati, yuk!

Ilsutrasi: Ode