Apakah Anak-anak Bisa Terkena Osteoporosis?

By willa widiana, Jumat, 20 Oktober 2017 | 04:05 WIB
Apakah Anak-Anak Bisa Terkena Osteoporosis? (willa widiana)

Masalah yang menimpa tubuh manusia cukup banyak, salah satunya adalah osteoporosis.

Apa Itu Osteoporosis?

Osteoporosis adalah penurunan kepadatan tulang. Osteoporosis bisa membuat tulang jadi tipis, rapuh, dan banyak lubang. Osteoporosis juga bisa membuat tulang jadi mudah patah dan postur tulang jadi membungkuk. O iya, soteoporosis juga akan membuat penderitanya kesakitaan di beberapa bagian tubuh!

Baca juga: 5 Olahraga yang Membantu Pertumbuhan Tinggi Badan

Apa Penyebab Osteoporosis?

Tulang adalah bagian tubuh yang bisa mengalami penurunan seiring bertambahnya usia. Jadi, semakin tua seseorang, semakin mungkin orang tersebut untuk terkena osteoporosis. Selain usia, ada juga hal-hal yang menyebabkan osteoporosis, misalnya:

  1. Kurang kalsium
  2. Tidak mau makan sayur dan buah
  3. Malas bergerak
  4. Terlalu banyak mengonsumsi makanan tak sehat

Apakah Anak-anak Bisa Terkena Osteoporosis?

Anak-anak tidak akan terkena osteoporosis. Tulang anak-anak sedang ada dalam masa pertumbuhan. Tetapi, jika mereka jarang bergerak, malas minum susu, malas makan sayur, dan terlalu banyak mengonsumsi makanan tak sehat, tulangnya akan lebih cepat keropos saat dewasa nanti.

Contohnya begini: Anak yang rajin bergerak dan makan makanan sehat, akan mengalami tulang keropos saat berusia 60 tahun. Kalau anak yang malas bergerak dan suka makan makanan tak sehat, tulangnya akan mengalami keropos di usia 45 tahun. Begitulah kira-kira.

Apa yang Harus Dilakukan untuk Mencegah Osteoporosis?

Cara mencegah osteoporosis tidak terlalu sulit, kok, Teman-teman! Kita hanya perlu mengonsumsi makanan sehat, seperti susu, buah, dan sayuran. Selain itu, kita juga harus rajin bergerak dan berjemur di bawah sinar matahari pagi (antara pukul 06:00 – 08:00). Sinar matahari mengandung vitamin D yang baik untuk tulang.

Baca juga: Fakta seputar Susu!

Ilustrasi: Ode