Bentuk Kepingan Salju Ternyata Berbeda-beda, Lo!

By Cirana Merisa, Rabu, 18 Oktober 2017 | 11:04 WIB
Dendrites memiliki cabang yang berbentuk seperti pohon cemara. (Cirana Merisa)

Kepingan salju yang jatuh ke tanah ternyata punya bentuk yang berbeda-beda, lo. Peneliti mengatakan ada 108 jenis kepingan salju yang dikelompokkan menjadi 4 kategori.

Plates

Kepingan salju ini  berbentuk segi enam, datar, dan terang. Plates ini merupakan jenis yang paling umum dari semua kepingan salju. Kepingan salju ini terbentuk saat suhu udara mencapai -15 derajat Celcius. Plates sendiri bisa bermacam-macam bentuknya, seperti Stellar Plates, Sectored Plates, dan Double Plates.

Needles

Needles memiliki bentuk seperti sehelai rambut putih kalau jatuh di baju. Namun, kalau diperhatikan lebih dekat, teman-teman bisa melihat detail kepingan salju ini dengan guratan yang lebih halus. Di tempat-tempat tertentu, kepingan ini bentuknya bercabang seperti tulang ikan.

Columns

Kepingan salju ini berbentuk seperti tabung. Di sisi kanan dan kiri dalamnya terdapat kerucut yang sangat kecil. Jika ingin melihat kerucut itu, teman-teman mungkin harus membutuhkan kaca pembesar. Hihihi.. Columns bisa bermacam-macam jenisnya, seperti Hollow Columns dan Capped Columns.

Dendrites

Nah, kepingan salju yang ini sangat terkenal dan selalu dijadikan ilustrasi di film-film animasi. Dendrites memiliki cabang yang berbentuk seperti pohon cemara. Ukurannya cukup besar, sekitar 2 sampai 4 milimeter sehingga teman-teman bisa melihatnya lebih jelas daripada kepingan salju yang lain.

Kalau teman-teman pergi ke negara empat musim saat musim salju, coba perhatikan bentuk kepingan saljunya, ya!