5 Hewan Penghasil Susu Selain Sapi

By willa widiana, Senin, 23 Oktober 2017 | 03:31 WIB
Susu bermanfaat untuk kesehatan (willa widiana)

Setiap pagi, kita pasti minum susu. Jika mendengar kata susu, kamu pasti langsung teringat dengan sapi. Yap, sapi merupakan hewan penghasil susu. Tetapi, selain sapi, ada 5 hewan penghasil susu. Hewan apa sajakah itu?

Baca juga: Produk Susu yang Beredar di Pasaran

Kambing

Kambing merupakan salah satu hewan yang dagingnya banyak dikonsumsi. Bulu kambing yang lebar juga bisa diolah menjadi kain wol yang hangat dan lembut. Hewan ini memang tak sebesar sapi, tapi ia bisa menghasilkan susu 12 kali dari berat badannya. Susu kambing biasanya dijadikan obat tradisional untuk beberapa jenis penyakit.

Kerbau

Mungkin tak banyak yang tahu kalau hewan ini bisa menghasilkan susu bagi manusia. Susu kerbau tak kalah sehat, kok, dibandingkan susu sapi. Menurut penelitian, susu kerbau mengandung kalsium lebih banyak, daripada susu sapi. O iya, di beberapa daerah, susu kerbau biasanya diolah menjadi keju mozzarella.

Unta

Orang nomaden di daerah Timur Tengah sudah mengonsumsi susu unta sejak ribuan tahun lalu. Di sana, hewan ternak seperti sapi akan kesulitan untuk hidup. Jadi, mereka mengonsumsi susu unta. Meski terdengar asing, susu unta mengandung kalsium yang cukup tinggi, kok! Tetapi, susu unta tidak bisa dijadikan keju, seperti susu sapi dan kerbau.

Kuda

Orang-orang di Asia Tengah dan eropa (Jerman, Itali, dan Prancis) masih mengonsumsi susu kuda. Di daerah mereka, susu kuda biasanya diolah menjadi kumis. Itu adalah minuman yang berasal dari fermentasi susu kuda. O iya, susu kuda punya kandungan gula yang lebih tinggi, daripada susu sapi atau kambing.

Yak

Yak adalah sejenis sapi yang banyak ditemukan di daerah Tibet dan Himalaya. Hewan berbulu lebat ini bisa menghasilkan susu, lo! Susu yak biasanya diolah menjadi mentega dan keju. Satu ekor yak hanya menghasilkan sedikit susu. Untuk mendapatkan banyak susu, para peternak harus memerah susu dari beberapa ekor yak. O iya, yak menghasilkan susu lebih banyak di musim panas, daripada musim dingin.

Nah, Teman-teman, itulah 5 hewan penghasil susu selain sapi. Apakah kamu pernah mencoba salah satunya?

Foto: Creative Commons, pixabay.com, Ode