Ukuran 5 Hewan Ini Berbeda dari Biasanya

By willa widiana, Kamis, 19 Oktober 2017 | 03:31 WIB
Kelinci Flemish (willa widiana)

Hewan dalam jenis tertentu biasanya hanya berukuran kecil – sedang. Namun, lima hewan di bawah ini punya ukuran yang berbeda, dibandingkan keluarganya. Ada hewan apa saja? Berikut 5 hewan yang berbeda dari biasanya.

Kelelawar

Ternyata, kelelawar raksasa bermahkota emas (Acerodon jubatus), merupakan kelelawar terbesar. Kelelawar jenis ini ditemukan di hutan Filipina. Kelelawar ini memiliki panjang 55 cm, dan rentang sayapnya bisa mencapai 1,8 meter. Padahal, kelelawar lain rentangan sayapnya jarang mencapai 50 cm.

Capybara

Hewan pengerat itu identik dengan tikus. Capybara (Hydrochoerus hydrochaeri) termasuk hewan pengerat. Hewan pengerat endemik Amerika Selatan ini bisa mencapai panjang 1,5 m, tinggi 90 cm, dan berat 105 kg. Ukurannya sangat jauh berbeda dengan tikus!

Anaconda

Ular termasuk hewan yang terkenal karena tubuh panjangnya. Anaconda hijau (Eunectes murinus) merupakan keluarga ular yang memiliki ukuran tak lazim. Bayangkan saja, panjangnya bisa mencapai 7,5 meter dengan berat 250 kilogram.

Kelinci

Kelinci adalah hewan berkuping panjang yang sangat lucu. Ukuran kelinci biasanya tak jauh berbeda dengan kucing. Namun, kelinci Flemish berbeda. Hewan sudah dipelihara sejak abad ke-16, di Kota Ghent, Belgia ini bisa mencapai berat 12,7 kilogram.

Baca juga: Kisah Hewan Berwarna Pelangi

Kepiting

Kepiting merupkan hewan kecil yang bisa kita konsumsi. Ukuran kepiting biasanya hanya sebesar telapak tangan. Namun, kepiting laba-laba Jepang berbeda. Hewan yang satu ini bisa memiliki berat rata-rata 19 kg. Rentang kakinya juga bisa mencapai 3,8 meter. O iya, kepiting laba-laba jepang bisa mencapai umur 100 tahun. Luar biasa, ya!

Itulah 5 hewan yang ukurannya berbeda dari biasanya.

Foto: Creative Commons