Berapa Lama Kita Boleh Bermain dalam Sehari?

By Putri Puspita, Kamis, 19 Oktober 2017 | 04:15 WIB
Kamu mau bermain apa? (Putri Puspita)

Bermain memang menyenangkan. Namun, kita harus tetap ingat untuk makan, mandi, dan mengerjakan tugas, ya!

Nah, ternyata ada yang menetapkan batasan lama bermain pada setiap usia, lo!

National Association for Sport and Physical Education (NASPE ) yang merupakan organisasi internasional yang fokus pada kegiatan yang berhubungan dengan aktivits fisik menganjurkan durasi bermain untuk bayi, balita, dan anak pra sekolah.

Bayi

Ternyata, tidak ada batasan waktu untuk bermain bagi adik bayi kita. Bayi diharapkan lebih banyak dilatih untuk bergerak agar kemampuan motoriknya berkembang.

Balita

Balita disarankan bermain dalam waktu 1 jam 30 menit dan ditemani oleh orang tua. Nah, 30 menit pertama digunakan untuk bermain yang terencana seperti mobil-mobilan, melempar bola, dan lain-lain. Lalu, 60 menit berikutnya untuk aktivitas fisik yang bebas yang bisa dilakukan sesuka hatinya.

Pada bayi dan balita, biasanya waktu dalam sehari lebih banyak digunakan untuk tidur.

Anak pra Sekolah

Pada anak yang belum bersekolah, waktu bermain yang dianjurkan adalah 2 jam. Nah, pada 60 menit pertama bisa menerapkan jenis kegiatan terencana, seperti bermain sepak bola, lompat tali, dan lain-lain. Lalu, 60 menit berikutnya bisa diisi dengan permainan bebas yang bisa ia lakukan bersama teman-temannya.  

Bagaimana dengan Anak Usia Sekolah Seperti Kita?

Pada anak usia sekolah seperti kita, waktu lama dihabiskan di sekolah. Namun, di sekolah pun, tidak hanya belajar di dalam kelas, tetapi ada juga waktu untuk beristirahat dan bermain.

Gunakanlah waktu sebaik mungkin untuk bermain bersama teman-teman, terutama yang berhubungan dengan fisik. Jika sudah di rumah, tetap boleh bermain, asalkan tidak mengganggu aktivitas yang lain, seperti makan, mandi, tidur, dan mengerjakan PR.

Ingat, bermain yang disarankan di sini adalah aktivitas fisik atau bermain di luar , bukan bermain gadget. Aktivitas fisik akan membuat lebih sehat. Jika ingin main gadget harus ditemani orangtua dan tidak lebih dari 2 jam sehari. 

Teks dan Foto: Putri Puspita | Bobo.ID