Ikan Piranha yang Mirip Ikan Bawal

By Cirana Merisa, Kamis, 19 Oktober 2017 | 10:05 WIB
Tubuh ikan piranha berwarna merah silver dengan bintik-bintik berwarna abu-abu. (Cirana Merisa)

Kalau dilihat dari ganas atau tidaknya, teman-teman pasti mengatakan piranha itu lebih ganas daripada ikan bawal. Namun, kalau dari bentuk fisiknya, teman-teman bisa membedakan tidak, ya? Sekilas, piranha perut merah dan bawal air tawar ini terlihat sama.

Bentuk Mulut

Sekilas bentuk tubuh dua ikan ini hampir sama, tapi kalau diperhatikan lebih dekat ternyata berbeda, lo. Ikan piranha perut merah memiliki rahang bawah yang lebih besar daripada rahang atas sehingga rahang bawah terlihat lebih maju. Ikan bawal air tawar memiliki rahang atas dan rahang bawah yang hampir sama ukurannya sehingga lebih terlihat sejajar.

Bentuk Gigi

Ikan piranha perut merah dan ikan bawal air tawar memiliki gigi-gigi yang besar dan tajam. Namun gigi piranha perut merah lebih runcing sehingga bisa lebih mudah menyobek daging. Sedangkan gigi ikan bawal air tawar tidak terlalu runcing.

Ukuran Tubuh

Ikan piranha perut merah memiliki tubuh yang lebih kecil daripada ikan bawal air tawar. Ikan piranha perut merah panjangnya 50 sentimeter dengan berat sekitar 5 kilogram. Panjang ikan bawal air tawar bisa mencapai 100 sentimeter dengan berat sampai 40 kilogram, lo. Wah, besar ya!

Corak Tubuh

Tubuh ikan piranha perut merah berwarna merah-silver dengan bintik-bintik berwarna abu-abu dan masih terlihat jelas walau sudah dewasa, sedangkan warna tubuh ikan bawal lebih gelap dengan bintik-bintik berwarna hitam yang akan pudar setelah dewasa.

O iya, sirip ekor piranha perut merah memiliki dua garis berwarna hitam, yaitu di pangkal ekor dan di ujung ekor. Sedangkan ikan bawal air tawar memiliki satu garis berwarna hitam hanya di ujung ekornya saja.

Nah, itulah perbedaan ikan piranha perut merah dan ikan bawal air tawar.