Alpaca dan Monster Gila, 2 Hewan Unik dari Benua Amerika

By willa widiana, Kamis, 19 Oktober 2017 | 08:54 WIB
Alpaca (willa widiana)

Dari Afrika, kita pindah ke Amerika. Benua ini juga punya 2 hewan unik, lo! Namanya Alpaca dab Monster Gila. Kita langsung cari tahu, yuk, sesuatu yang berhubungan dengan kedua hewan ini.

Alpaca

Alpaca merupakan mamalia yang berasal dari Amerika Selatan. Hewan yang mirip dengan Ilama ini dijadikan sebagai hewan ternak di Pegunungan Andes, Ekuador, Peru selatan, Bolivia Utara, dan Cili Utara. O iya, bulu alpaca itu sangat tebal. Jadi, jangan heran kalau masyarakat sekitar suka memintal bulu alpaca menjadi benang.

Setelah menjadi benang, bulu alpaca akan ditenun atau dirajut menjadi berbagai kerajinan. Sebelum dijual, kerajinan-kerajinan tersebut akan diberi pewarna alami agar lebih bagus. O iya, tubuh alpaca ini lebih kecil daripada Ilama, jadi hewan ini tidak dijadikan sebagai hewan pengangkut, seperti Ilama.

Monster Gila

Monster gila adalah sejenis kadal yang berasal dari Amerika. Kadal yang bisa mencapai panjang 60 cm ini termasuk kadal beracun, lo. Kadal ini banyak ditemukan di sekitar Sungai Gila, Arizona. Hal itulah yang menyebabkan hewan ini dinamai monster gila. Kadal ini memiliki ekor pendek dan gemuk yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan lemak.

Baca juga: Kenapa Amerika Disebut Negeri Paman Sam?

Kadal ini memiliki sistem pencernaan yang lambat. Jadi, dalam satu tahun ia hanya makan beberapa kali saja. Kadal yang tinggal di balik batu atau di bawah tanah ini memiliki beberapa kemiripan dengan komodo. Pertama, ia bisa mencium bau mangsanya menggunakan lidahnya. Kedua, ia memburu mangsanya dengan cara mengigitnya.

Dari benua Amerika, kita berpindah ke Eropa, yuk! Kira-kira… ada hewan apa saja, ya? Tunggu di artikel berikutnya!

Foto: Creative Commons