Lynx dan Puffin, 2 Hewan Unik Benua Eropa

By willa widiana, Kamis, 19 Oktober 2017 | 09:00 WIB
Lynx (willa widiana)

Sekarang kita ke benua Eropa. Benua yang terkenal dengan white christmas ini punya banyak hewan unik, beberapa di antaranya adalah lynx dan puffin.

Lynx

Lynx adalah kucing liar yang hidup di Eropa, Asia selatan, dan Asia Timur. Kucing berekor pendek ini memiliki totol-totol cokelat di tubuhnya. Berat tubuh lynx bisa mencapai 15-30 kg. Lynx biasanya tinggal di hutan, mereka akan memilih tempat yang tinggi dan tertutup oleh semak atau rerumputan.

Lynx gemar menyendiri dan suka berburu burung, mamalia kecil, ikan, kambing, dan domba. Hewan yang bisa memanjat pohon dan berenang ini hanya melahirkan 2-4 ekor anak dalam setahun. Jadi, perkembangan populasinya termasuk lambat. O iya, hewan indah yang bisa hidup hingga belasan tahun ini termasuk ke dalam hewan yang dilindungi, lo.

Burung Puffin

Puffin adalah burung laut yang hidup di daerah Eropa dan Amerika Utara. Burun+g berbulu hitam dan putih ini biasanya hidup disekitar pantai, sehingga mereka mudah mencari makanan (ikan laut). Ada beberapa kepulauan yang dihuni oleh burung berparuh dan berkaki menyala ini, dua diantaranya adalah Kepulauan Farne, di Inggris dan Kepulauan Faroe, di Norwegia.

Baca juga: Taman Keukenhof, Taman Tulip Terluas di Eropa

Di kepulauan itu mereka hidup dan berkembang biak. Selain bisa terbang, burung cantik ini juga bisa berenang dan menyelam, lo. O iya, mereka juga bisa menyimpan banyak ikan di paruhnya. Keren, ya! Ada beberapa predator yang suka memburu mereka, beberapa diantaranya adalah burung hantu, elang, dan rubah.

Dari benua Eropa, kita berpindah ke Australia, yuk! Kira-kira, di sana ada hewan apa saja, ya? Tunggu pembahasannya di artikel berikutnya!

Foto: Creative Commons