Perbedaan Rusa dan Kijang

By Cirana Merisa, Kamis, 19 Oktober 2017 | 11:00 WIB
Rusa memiliki tanduk yang bercabang tiga. (Cirana Merisa)

Rusa dan kijang itu hewan yang sama bukan, ya? Rusa memiliki sekitar 62 jenis, 4 di antaranya asli Indonesia. Nah, kijang itu salah satu dari 4 spesies asli Indonesia. Meski begitu, mereka tetap memiliki perbedaan, lo!

Ukuran Tubuh

Rusa memiliki tubuh yang lebih besar daripada kijang. Dari 4 rusa asli Indonesia, yang paling besar adalah rusa sambar (Cervus unicolor). Lalu yang terbesar kedua adalah rusa timor (Cervus timorensis), kemudian rusa bawean (Axis kuhli). Kijang (Muntiacus muntjak) memiliki tubuh yang lebih kecil di antara 4 jenis itu.

Tanduk

Rusa memiliki tanduk yang bercabang tiga, sedangkan kijang memiliki tanduk yang bercabang dua. Tanduk rusa juga lebih panjang daripada tanduk kijang. Panjang tanduk rusa bisa melewati kepalanya, lo. Berbeda dengan tanduk kijang yang panjangnya hanya sekitar setengah kepalanya.

Kecepatan Berlari

Kalau urusan lari, kijang lebih cepat daripada rusa. Kijang memiliki tubuh yang kecil sehingga kijang lebih lincah dan larinya lebih cepat daripada rusa yang memiliki tubuh lebih besar.

Gigi Taring

Kalau diperhatikan lebih dekat, teman-teman bisa melihat gigi taring keluar dari mulut kijang. Kijang memiliki gigi taring yang tajam dan panjang sampai muncul ke luar mulut. Kijang jantan memiliki gigi yang lebih tajam daripada kijang betina.

Rusa juga sebenarnya memiliki gigi taring yang tajam, namun tidak setajam kijang. Gigi taring rusa juga tidak sepanjang kijang. Gigi taring rusa jantan lebih pendek daripada rusa betina.