Lebih Sehat Minum Teh Panas atau Dingin, Ya?

By Putri Puspita, Minggu, 22 Oktober 2017 | 06:35 WIB
Nikmatya teh hangat (Putri Puspita)

Minum teh panas membuat badan rasanya lebih rileks sedangkan minum es teh membuat badan lebih segar. Mana yang lebih sehat di antara keduanya, ya?

Teh Panas

Jika teh ingin langsung diminum, teh panas memiliki kelebihan. Kandungan antioksidan teh panas bisa lebih mudah bercampur dengan air dan diserap oleh tubuh secara maksimal. Antioksidan pada teh panas ini bisa meningkatkan kesehatan tulang dan mendukung sistem kekebalan tubuh, serta meurunkan kemungkinan kanker.

Teh Dingin

Ketika suhu panas, terutama pada kita yang tinggal di Indonesia yang beriklim tropis, es teh sering menjadi pilihan. Es teh dapat memberikan kesegaran pada orang yang meminumnya.

Namun, untuk memperoleh kandungan nutrisi dari teh, tubuh kita membutuhkan waktu yang lebih lama. Setelah diseduh dan dicampur dengan air, sebaiknya tunggu sekitar 4 jam sebelum disajikan. Itu agar kandungan di dalam teh tetap ada sehingga dapat diserap oleh tubuh.

Selain itu, es batu yang ditambahkan ke dalam teh disarankan terbuat dari air teh yang dibekukan juga sehingga tidak terlalu mengencerkan teh yang dibuat.

Teks dan Foto: Putri Puspita | Bobo.ID