Tetap Sehat saat Makan Camilan

By Putri Puspita, Minggu, 22 Oktober 2017 | 08:05 WIB
Berbagai macam pilihan camilan (Putri Puspita)

Ketika bersantai, ingin rasanya menikmati makanan ringan atau camilan. Ngemil memang menjadi kebiasaan yang disukai banyak orang. Namun, kita harus teliti dalam memilih camilan yang akan kita makan karena banyak camilan tidak sehat yang beredar.

Berikut adalah tips untuk tetap sehat saat mengkonsumsi camilan.

Membuat Sendiri

Cara paling mudah untuk mendapatkan camilan sehat adalah dengan membuatnya sendiri. Makanan yang diolah sendiri tentu dapat dipastikan kebersihan dan kualitas bahan-bahannya. Selain itu, kita pun bisa berkreasi dengan bahan-bahan yang ada.

Ada banyak makanan yang bisa kita siapkan sendiri, seperti salad buah dan sayur, jus, keripik buah, kue-kue kecil, dan lain-lain.

Perhatikan Bahan Pembuatnya

Ketika harus membeli camilan, maka kita harus teliti dengan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat camilan itu. Kita biasanya bisa melihat di bagian belakang kemasan.

Jangan tergiur oleh warna-warni makanan atau kemasan yang begitu lucu, kita juga harus mengetahui apakah terdapat zat-zat berbahaya dan berapa banyak kandungan di dalamnya. Lebih baik memilih camilan dengan bahan alami.

Mengontrol Waktu Menikmati Camilan

Ngemil memang menyenangkan, tetapi kita juga tetap harus mengontrol waktu ngemil. Jangan sampai membuat obesitas.

Kita bisa memilih sore hari ketika sedang santai untuk ngemil. Hindari ngemil pada malam hari karena bisa membuat susah tidur dan mengganggu kesehatan.

Teks dan Foto: Putri Puspita | Bobo.ID