Apa Bedanya Rengginang dan Jipang?

By Cirana Merisa, Jumat, 20 Oktober 2017 | 06:45 WIB
Biasanya rasa rengginang itu asin gurih. (Cirana Merisa)

Teman-teman tahu makanan yang namanya rengginang? Kalau jipang ada yang tahu? Rengginang dan jipang memiliki bentuk yang mirip. Namun, ternyata rasanya berbeda, lo.

Rengginang

Rengginang atau rangginang adalah makanan yang terbuat dari beras ketan yang dikukus, dikeringkan, lalu digoreng. Beras ketan yang dikeringkan itu tidak dihaluskan. Itulah kenapa rengginang masih berbentuk butiran beras ketan.

Setelah digoreng, bentuknya seperti kerupuk, hanya saja rengginang lebih tebal dan bulat. Walaupun tebal, rengginang itu renyah saat digigit, lo. Biasanya rasa rengginang itu asin gurih, tapi ada juga rengginang yang diberi rasa seperti rengginang udang dan rengginang terasi.

Di Jawa Tengah, makanan ini dikenal dengan nama intip, rengginang yang dibuat dari sisa nasi yang melekat pada dandang atau penanak nasi yang dikeringkan lalu digoreng. Perbedaan rengginang dan intip hanya pada ukurannya saja. Intip berukuran lebih besar karena dicetak di dasar dandang.

Jipang

Jipang sebenarnya hampir sama dengan rengginang. Terbuat dari beras ketan yang juga dikukus terlebih dahulu, lalu dikeringkan dan digoreng. Tapi sebelum dikeringkan, beras ketan dicampur terlebih dahulu dengan gula merah yang sudah dimasak.

Jipang rasanya manis dan warnanya cokelat karena dicampur dengan gula merah. Gula merah jugalah yang membuat beras ketan pada jipang lebih menempel daripada beras ketan pada rengginang yang mudah hancur.

Biasanya jipang berbentuk persegi panjang dan lebih tebal daripada rengginang. Ketebalannya ini membuat jipang lebih keras jika digigit, tidak begitu renyah seperti rengginang.