Madu Langsung Mengalir dari Sarang Lebah

By Sylvana Toemon, Sabtu, 21 Oktober 2017 | 01:00 WIB
Madu langsung mengalir dari sarang lebah (Sylvana Toemon)

Mengambil madu dari sarang lebah adalah perjuangan tersendiri. Lebah-lebah yang merasa terganggu akan menyerang orang yang mengambil madu dari sarangnya. Orang yang mengerjakannya harus mengenakan pakaian khusus untuk melindungi diri dari sengatan lebah. Nah, hal itu tidak perlu lagi dengan adanya sarang lebah ini. Inovasi ini membuat madu langsung mengalir dari sarangnya.

Sumber Makanan Sejak Lama

Madu telah lama dimanfaatkan manusia sebagai sumber makanan. Catatan tentang madu ada dalam kitab-kitab kuno yang ditulis ribuan tahun yang lalu. Sejak lama pula manusia mengembangkan cara mudah untuk mendapatkan madu. Antara lain dengan memeliharanya sebagai hewan ternak. Peternak madu menyediakan tempat khusus supaya lebah dapat bersarang. Saat waktunya memanen madu, sarang ini dibuka untuk diambil madunya.

Baca juga: Apakah Fungsi Madu Bagi Lebah?

Inovasi Peternak Lebah Madu

Bapak Stuart Anderson dan anaknya Stuart dari Australia sudah bertahun-tahun menjadi peternak madu. Mereka mengalami bagaimana susahnya memanen madu. Selain karena kemungkinan tersengat, proses itu juga membuat lebah-lebah menjadi terganggu dan stres. Bapak dan anak ini mengembangkan rumah lebah khusus yang madunya dapat mengalir tanpa perlu merusak sarang lebah.

Baca juga: 4 Manfaat Madu untuk Kesehatan

Teknologi Sederhana

Teknologi yang digunakan sebenarnya sederhana. Hanya menggunakan gravitasi atau gaya tarik Bumi. Bilik madu yang berada dalam sarang dibuat sedikit miring. Kemiringan itu membuat madu mengalir ke bagian yang lebih rendah. Aliran madu itu kemudian disalurkan ke luar melalui pipa. Nah, di ujung pipa ini tinggal diletakkan stoples atau botol untuk menampung madu. Madu yang dihasilkan menggunakan alat ini cukup bersih dan tidak perlu disaring lagi.

Apakah kamu juga punya ide inovasi dari hal-hal di sekitarmu?