Wave Rock, Ombak yang Terbuat dari Batu

By Cirana Merisa, Sabtu, 21 Oktober 2017 | 09:31 WIB
Wave Rock terbentuk sekitar 2,7 juta tahun yang lalu. (Cirana Merisa)

Di Australia bagian barat ada ombak yang sangat besar. Eits, tapi jangan takut, teman-teman. Ombak ini tidak akan menerjang orang-orang di bawahnya karena ombak ini bukan ombak laut, tapi terbuat dari batu.

Batu Ombak

Namanya Wave Rock. Bentuknya seperti tebing yang menjulang tinggi menyerupai ombak besar. Wave Rock yang terletak di kota Hyden, Australia Barat merupakan sebuah formasi batuan granit yang terbentuk sekitar 2,7 juta tahun yang lalu. Tingginya mencapai 15 meter dengan panjang 110 meter.

Baca juga: Kota Batu di Göreme

Aliran Air

Wave Rock memiliki warna yang bermacam-macam. Warna-warna ini berasal dari air Sungai Camm yang mengaliri tebing ini dahulu kala. Air sungai itu mengandung berbagai macam zat kimia yang menyebabkan batuan menjadi berwarna.

Di negara empat musim, hujan turun pada saat musim panas. Nah, saat hujan turun, Wave Rock juga dialiri air hujan sehingga menjadi kurang indah untuk dilihat. Maka itu, kalau teman-teman ingin melihat Wave Rock, jangan datang di musim panas.

Baca juga: Batu Belimbing, Batu Unik dari Toboali

Bunga-bunga Liar

Musim semi adalah musim terbaik untuk mengunjungi Wave Rock. Musim semi di Australia berlangsung dari September hingga November, di saat negara-negara empat musim lain sedang musim gugur.

Pada musim semi inilah terdapat bunga-bunga liar yang cantik di sekitar Wave Rock, bahkan di sepanjang jalan menuju kota Hyden. Bunga liar yang mendominasi daerah ini adalah bunga anggrek. Selain anggrek, ada juga bunga-bunga lainnya yang tumbuh dan bermekaran di sana. Ada juga pohon-pohon unik khas Australia.

Siapa yang penasaran ingin melihat Wave Rock? Siap-siap diterjang “ombak”, ya. Hihihi.