5 Fakta Unik Kalajengking

By Eka Kartika, Senin, 23 Oktober 2017 | 04:15 WIB
Kalajengking Kuning berbahaya, Foto: Pixabay (Eka Kartika)

Kalajengking. Mendengar nama hewan satu ini, pasti akan membuat kita jadi merinding. Sebab, hewan ini memiliki racun yang mematikan. Namun, tahukah teman-teman? Di balik kesan menakutkan itu, terdapat beberapa fakta mengejutkan tentang kalajengking.

1. Kalajengking Berkerabat dengan Laba-laba dan Kutu

Kalajengking merupakan hewan beruas delapan kaki (oktopoda) yang termasuk dalam ordo Scorpiones. Hewan yang memiliki dua ribu jenis ini, ternyata masih berkerabat dengan kutu, lo. Tidak hanya kutu, kalajengking juga masih berkerabat dengan tungau, caplak, dan laba-laba, yaitu termasuk dalam kelas Arachnida.

2. Bentuk Kalajengking Purba Lebih Sederhana

Kalajengking purba, muncul pada masa pertengahan Paleozoikum. Kira-kira, 400 juta tahun lalu. Berbeda dengan bentuk kalajengking pada umumnya, kalajengking purba memiliki bentuk yang sederhana. Tubuhnya terdiri dari banyak ruas yang terlindung cangkang tipis. 

Perbedaan lainnya adalah dari segi ukuran tubuh. Bentuk tubuh kalajengking purba ukurannya bisa mencapai 100 kali ukuran dari kalajengking masa kini. Selain itu, kalajengking purba juga hidup di air.

3. Tak Ada Kalajengking di Antartika

Walau sering disebut kalau kalajengking tersebar hampir di seluruh dunia, kenyataannya tidak semua tempat terdapat kalajengking. Hewan yang menyukai tempat hangat ini tidak dapat ditemukan di beberapa daerah. Misalnya saja seperti di Antartika, Greenland, Selandia Baru, serta pulau-pulau lain di sekitarnya.

Itu karena, iklim di daerah tersebut sangatlah dingin. Sehingga hewan pemilik empat pasang kaki ini tidak dapat hidup di sana. Jika berada di suhu udara 14 derajat celcius, biasanya kalajengking akan menjadi hewan yang tidak aktif, teman-teman.

4. Memiliki Kemampuan Mengendus

Untuk mengetahui lokasi mangsanya, kalajengking memanfaatkan getaran dari tanah. Selain itu, kalajengking juga memiliki kemampuan mengendus dengan baik.

5. Kalajengking Ukuran Kecil Lebih Berbahaya

Semua jenis kalajengking pastinya memiliki racun yang mematikan. Namun, tahukah teman-teman? Kalajengking yang memiliki ukuran besar, ternyata racunnya tidak mematikan seperti halnya kalajengking yang berukuran sedang, hingga paling kecil. Kalajengking sedang dan kecil, lebih agresif dibandingkan yang besar.

Walau dianggap tak terlalu berbahaya, kita harus tetap hati-hati dan waspada, ya!