Uniknya Latvia, Negara Kecil yang Indah

By Eka Kartika, Rabu, 25 Oktober 2017 | 04:05 WIB
Ilustrasi salah satu keindahan Latvia, Foto: Pixabay (Eka Kartika)

Tidak seperti nama negara Perancis, Eropa, atau Amerika. Nama negara Latvia, pasti tidak terlalu familiar di telingamu. Itu karena Latvia merupakan negara kecil, yang merupakan negara di kawasan Baltik, Eropa Utara. Meskipun namanya tidak terkenal, Latvia dikenal akan keindahannya, lo.

Negara Kecil yang Kuat

Latvia merupakan negara yang memiliki pemerintahan Republik Parlementer, bangsanya adalah bagian dari bangsa Baltik. Dengan luas negara serta jumlah penduduk Latvia yang tidak besar, ternyata negara ini memiliki sejarah yang sangat unik.

Walau merupakan negara kecil, Latvia pernah menjadi bangsa penakluk dan menjajah beberapa negara. Latvia pernah menaklukkan, Tobago, Trinidad, dan juga Gambia di sekitar abad 17. Tidak hanya itu saja, Latvia juga pernah menumpas Viking di tahun 1189.

Viking adalah suatu bangsa yang kemampuannya tak tertandingi. Siapa pun yang berhadapan dengan mereka, biasanya akan kalah. Namun, tidak demikian dengan bangsa Latvia. Mereka mampu mempertahankan daerahnya dari para Viking, sekaligus membuat bangsa itu kabur. Wow, hebat ya!

Memiliki Keindahan Objek Wisata

Soal keindahan alam, Latvia tidak kalah dengan negara Eropa lainnya. Di Latvia, begitu banyak objek wisata menarik yang dapat dikunjungi. Misalnya saja, kota Riga. Kota ini masuk sebagai situs warisan dunia UNESCO. Riga terkenal memiliki keindahan arsitektur, museum-museum, serta beragamnya budaya.

Nah, kota lainnya yang wajib dikunjungi adalah Sigulda. Di kota Sigulda, kita bisa menemukan lokasi bersejarah yang menarik. Salah satunya adalah reruntuhan puri Sigulda.

Tak hanya itu saja, Latvia punya banyak taman nasional yang masih sangat terjaga keasliannya. Empat taman nasional terindah di Latvia adalah Razna National Park, Emeri National Park, Slitere National Park, dan Gauja National Park.