4 Jenis Susu dari Tumbuhan

By Cirana Merisa, Senin, 23 Oktober 2017 | 04:41 WIB
Susu kedelai mengandung vitamin A, vitamin D, kalsium, dan omega 3. (Cirana Merisa)

Siapa yang setiap hari minum susu? Susu itu baik untuk kesehatan. Biasanya, susu yang teman-teman minum adalah susu sapi. Nah, ternyata ada juga susu dari tumbuhan, lo.

Susu Kedelai

Susu ini sering disebut sebagai susu kacang karena dibuat dari sari kacang kedelai. Kandungan protein dalam susu ini hampir sama banyak dengan susu sapi, namun kandungan kalorinya rendah sehingga baik untuk tubuh. Susu kedelai juga mengandung vitamin A, vitamin D, kalsium, dan omega 3.

Susu Beras

Susu beras biasa disebut dengan tajin. Susu ini merupakan air dari rebusan beras. Susu beras mengandung vitamin B, vitamin E, antioksidan, dan enzim yang baik untuk kesehatan tubuh. Walaupun berasal dari beras, ternyata susu ini mengandung karbohidrat yang lebih sedikit, lo.

Susu beras juga bisa membantuk memproduksi antibodi yang berfungsi menjaga sistem kekebalan tubuh manusia. Kalau ingin minum susu beras, teman-teman bisa menambahkan lemon dan madu. Campuran ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, bisa juga sebagai obat pencernaan.

Baca Juga: 4 Macam Produk Susu yang Beredar di Pasaran

Susu Kelapa

Nah, kalau susu yang berasal dari kelapa ini lebih dikenal dengan sebutan santan. Santan biasanya digunakan oleh orangtua untuk membuat kue, tapi ternyata air ini bisa diminum, lo. Susu kelapa ini mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin C dan asam laurat yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, santan juga mengandung kalsium dan fosfor yang bisa memperkuat tulang.

Susu Almond

Susu ini terbuat dari kacang almond. Susu ini sebenarnya memiliki kandungan protein dan kalsium yang lebih rendah daripada susu sapi, tapi tetap baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan utama pada susu ini adalah vitamin E yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Selain itu, susu almond juga mengandung 1 gram serat per gelasnya sehingga baik untuk pencernaan. 

Baca Juga: Sebaiknya Minum Susu di Pagi atau Malam Hari?