Makan Makanan Sehat, Yuk!

By willa widiana, Senin, 23 Oktober 2017 | 04:05 WIB
Makan Makanan Sehat, Yuk! (willa widiana)

Teman-teman, kamu makan apa hari ini? Apakah makanan yang teamn-teman makan itu sudah masuk ke dalam makanan sehat? Jika belum, ganti menunya dan biasakan makan makanan sehat, ya!

Masalah Gizi

Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas), anak Indonesia yang berusia 5 – 12 tahun masih ada yang mengalami masalah gizi, seperti tubuh sangat kurus (4%), kegemukan (8,8%), dan tubuh sangat pendek (12,3%).

Anak-anak yang mengalami masalah gizi biasanya lebih rentan terserang penyakit saat dewasa. O iya, masalah gizi yang menimpa anak Indonesia biasanya disebabkan oleh makanan yang tidak sehat.

Kenapa Makanan Tidak Sehat Bisa Menyebabkan Masalah Gizi?

Supaya bisa tumbuh dengan baik, tubuh kita memerlukan vitamin, mineral, kalsium, karbohidrat, protein, dan zat-zat lain. Semua itu bisa kita peroleh dari buah, sayur, daging, susu, ikan, dan makanan lainnya.

Baca Juga: Makanan yang Membuat Kita Semakin Lapar

Makanan yang tidak sehat lebih banyak mengandung karbohidrat, gula, garam, dan minyak. Jika kita terus-terusan mengonsumsi makanan tidak sehat, tubuh akan kekurangan gizi. Jika sudah begitu, kita pun bisa mengalami salah satu masalah gizi di atas.

Makanan Sehat Itu Seperti Apa?

Makanan sehat adalah makanan yang segar dan bersih. Makanan yang dijual di pasar dan supermarket sama-sama sehat, selama keadaannya segar dan bersih. O iya, makanan yang segar dan bersih bisa berubah jadi makanan tidak sehat, kalau dimasak dengan cara yang salah.

Bagaimana Cara Memasak yang Benar?

Supaya makanan kita tetap sehat, jangan memasaknya terlalu matang. Memasak makanan hingga terlalu matang, bisa membuat kandungan gizinya berkurang. Masak makanan dengan berbagai cara, seperti dikukus, ditumis, atau direbus. Jangan semuanya digoreng. Mengonsumsi makanan yang terlalu banyak minyak, tidak baik untuk tubuh.

Baca Juga: Bagaimana Makanan Dicerna?

O iya, satu lagi, jangan menggunakan gula dan garam yang terlalu banyak. Mengonsumsi gula dan garam terlalu banyak, bisa menyebabkan kegemukan dan darah tinggi. Seperti itulah kira-kira, cara memasak yang benar.

Bagaimana Teman-teman? Apakah kamu tertarik untuk makan makanan sehat?

Sumber: Press Conference Nestle Healthy Kids, Ilustrasi: Ode