Makan Apel, Mending dengan Kulitnya atau Tidak?

By willa widiana, Senin, 23 Oktober 2017 | 08:14 WIB
Makan Apel, Mending dengan Kulitnya atau Tidak? (willa widiana)

Siapa yang suka apel? Bagi kamu yang suka apel, Bobo mau tanya dong! Kamu suka makan apel dengan kulitnya atau tidak? Sebenarnya, makan apel itu mending dengan kulitnya atau tidak, ya?

Boleh, tapi Dicuci

Kulit apel mengandung serat, antioksidan, vitamin, dan mineral. Zat-zat itu bagus untuk tubuh kita. Jadi, mengonsumsi apel dengan kulitnya tidak masalah! Tetapi, sebelum mengonsumsi apel dengan kulitnya, kita harus mencucinya hingga bersih.

Kenapa Harus Dicuci?

Menurut beberapa ahli, kulit apel mengandung lilin. Lilin yang ada pada kulit apel berfungsi sebagai alat untuk menjaga apel supaya tidak mudah busuk. Lilin yang digunakan pada apel berbeda dengan lilin yang suka kita gunakan, lo!

O iya, beberapa petani apel biasanya menggunakan pestisida. Pestisida ini berfungsi sebagai alat untuk melindungi apel dari serangan hama-hama nakal. Pestisida ini bisa menempel pada kulit apel. Jadi, selain lilin, kulit apel juga mengandung pestisida.

Apel Impor

Apel yang mengandung lilin dan pestisida biasanya apel impor. Kalau apel lokal, seperti apel malang, jarang menggunakan lilin. Meski begitu, kita tetap harus mencucinya hingga bersih, karena pupuk yang digunakan selama proses penanaman bisa menempel di kulit apel.

Nah, Teman-teman, kalau kamu termasuk orang yang makan apel dengan kulitnya atau tidak?

Foto: pixabay.com